Penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan kosakata pada pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV di MI Al-Huda Ciluluk

Assyfa, Luthfiah (2025) Penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan kosakata pada pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV di MI Al-Huda Ciluluk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki sebuah tujuan, menjabarkan penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan kosakata pada pembelajaran bahasa Inggris. Adapula yang melatar belakangi penelitian ialah, penggunaan metode dalam pembelajaran di kelas IV B MI Al-Huda Ciluluk masih kurang efektif. Guru lebih sering memakai buku yang sudah dipersiapkan di sekolah tanpa adanya sebuah variasi dan 80% siswa masih kurang menguasai kosakata bahasa Inggris dari total keseluruhan siswa 25 Siswa yang terdapat pada kelas tersebut. Sesuai dengan latar belakang yang tertera penelitian yang dilakukan memiliki sebuah tujuan untuk meningkatkan Kosakata siswa kelas IV B MI Al-Huda Ciluluk. Pada proses penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahapan pra siklus terlebih dahulu. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa, tes, dokumentasi selama kegiatan berlangsung. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV B MI Al-Huda Ciluluk dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan kosakata pada pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV B MI Al-Huda Ciluluk sebelum menggunakan metode Index Card Match memperoleh nilai rata-rata 55 (Rendah) dan persentase ketuntasan 27% (sangat rendah). Dengan hasil tersebut, sebagian besar siswa belum mencapai ketuntasan. 2) proses pembelajaran menggunakan metode Index Card Match pada pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV B MI Al-Huda Ciluluk setiap siklusnya. Pada siklus I persentase aktivitas guru mendapatkan 88% (sangat baik) dan aktivitas siswa 89% (sangat baik). Siklus II aktivitas guru mendapatkan persentase 100% (sangat baik), dan aktivitas siswa 95% (sangat baik). Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode Index Card Match berjalan dengan lancar dan efektif. 3) peningkatan kosata pada pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV B MI Al-Huda Ciluluk setelah menggunakan metode Index Card Match setiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I siswa mendapatkan nilai rata-rata 81(Tinggi) dengan persentase ketuntasan belajar 73% (tinggi). Pada siklus II nilai rata-rata yang didapatkan siswa 83 dengan persentase ketuntasan belajar 81% (tinggi). Dengan hasil yang didapatkan penelitian dihentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, yaitu 75% dari jumlah siswa yang telah tuntas dalam mengerjakan tes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match; Meningkatkan Kosakata; bahasa Inggris;
Subjects: Education, Research
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Luthfiah Assyfa
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:39
Last Modified: 23 Sep 2025 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121312

Actions (login required)

View Item View Item