Alfari, Dean Devara (2025) Pengaruh authentic leadership kepala sekolah terhadap tingkat keterlibatan kerja tenaga pendidik dan kependidikan: Penelitian pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
3_lembar_pernyataan_karya_ilmiah.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (501kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan penelitian ini berangkat dari fenomena di SMP Negeri 3 Cileunyi, di mana keterlibatan kerja tenaga pendidik dan kependidikan cenderung mengalami tekanan akibat beban kerja yang tinggi, keterbatasan fasilitas, dan kondisi psikologis yang fluktuatif. Kondisi tersebut memerlukan kepemimpinan yang mampu menjaga stabilitas tingkat keterlibatan kerja. Salah satu pendekatan kepemimpinan yang relevan adalah authentic leadership, yang menekankan kesadaran diri, relasi yang transparan, pemrosesan yang seimbang, dan perspektif moral yang terinternalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui authentic leadership kepala sekolah, tingkat keterlibatan kerja tenaga pendidik dan kependidikan, serta mengetahui pengaruh authentic leadership kepala sekolah terhadap keterlibatan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMP Negeri 3 Cileunyi. Kerangka berpikir penelitian ini dibangun berdasarkan teori authentic leadership (Walumbwa dkk., 2008) dan konsep keterlibatan kerja (Schaufeli dan Bakker, 2002) yang diperkuat oleh self-determination theory (Deci & Ryan, 1985). Berdasarkan teori tersebut, dirumuskan hipotesis bahwa diduga authentic leadership kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat keterlibatan kerja tenaga pendidik dan kependidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 3 Cileunyi, dengan sampel sebanyak 62 responden yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, linearitas, dan heteroskedastisitas), serta uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa authentic leadership kepala sekolah memiliki nilai rata-rata item pernyataan variabel authentic leadership sebesar 4,01, hasil perhitungan tersebut termasuk kedalam kategori "tinggi" sesuai rentang 3,40 – 4,19. Sedangkan tingkat keterlibatan kerja tenaga pendidik dan kependidikan memiliki nilai rata-rata item pernyataan variabel tingkat keterlibatan kerja sebesar 4,11, hasil perhitungan tersebut termasuk kedalam kategori tinggi juga. Hasil persamaan regresi yang menunjukkan nilai constanta (a) = 29,122. Sedangkan, Koefisien regresi bernilai positif yaitu 0,764. Hasil Uji-t dengan Sig. <0,001 < 0,05, sedangkan nilai t-hitung (5,399) > t-tabel (1,671), sehingga hipotesis diterima. Nilai R Square sebesar 32,7% menunjukkan kontribusi authentic leadership dalam memengaruhi tingkat keterlibatan kerja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Authentic Leadership; Tingkat Keterlibatan Kerja |
Subjects: | Education > Psychology of Education Education > Organization of Education General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Dean Devara Alfari |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:58 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |