Alfiansyah, Syahrul (2025) Analisis news processing jurnalis esports: Studi deskriptif pada wartawan GGWP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (330kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Industri esports di Indonesia terus berkembang pesat dan semakin populer dari tahun ke tahun, menciptakan berbagai peluang karier baru, termasuk jurnalis esports. Tingginya minat masyarakat terhadap informasi esports juga mendorong media online untuk aktif memberitakan perkembangan industri ini. Dalam era digital yang serba cepat, jurnalis esports menghadapi tantangan kompleks dalam proses produksi berita atau biasa disebut news processing. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan yang dihadapi wartawan media online GGWP dalam proses pengolahan berita (news processing) di tengah pesatnya perkembangan industri esports di Indonesia. Fokus penelitian mencakup bagaimana wartawan GGWP merencanakan topik berita, menentukan metode pencarian informasi, menyusun berita yang unik dan menarik, serta menerapkan strategi publikasi yang cepat dan akurat. Penelitian menggunakan konsep (news processing) berdasarkan tahapan produksi berita. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif untuk memahami secara mendalam bagaimana jurnalis esports menjalankan proses tersebut di tengah perkembangan industri esports. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pengolahan berita oleh wartawan GGWP melalui lima tahapan utama, yakni perencanaan, pengumpulan informasi, penulisan, penyuntingan, dan publikasi. Pada tahap perencanaan, topik dirancang melalui brainstorming dan rapat redaksi dengan mempertimbangkan tren esports, turnamen, dan minat pembaca. Pengumpulan informasi dilakukan dengan menyadur sumber luar, wawancara, dan pemantauan media sosial, disertai verifikasi berlapis. Penulisan berita mengikuti struktur khas dan prinsip SEO, dengan penyesuaian gaya bahasa sesuai platform. Penyuntingan dilakukan secara menyeluruh oleh editor untuk memastikan akurasi dan kualitas isi. Pada tahap publikasi, GGWP mengandalkan data analitik, A/B testing, dan koordinasi tim lintas platform untuk memastikan distribusi konten yang cepat, tepat, dan konsisten.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jurnalis Esports; Wartawan; News processing; Media Online; Esports |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Syahrul Alfiansyah |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:35 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 06:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |