Dimroh, Dimroh (2013) Penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkunganL Penelitian pada siswa kelas VII MTs Al-Muhtadin Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
Abstract
Aliran konstruktivisme berpendapat bahwa dengan membangun pengetahuannya sendiri, siswa menjadi lebih aktif dan memahami apa yang dipelajari karena siswa terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. MTs Al-Muhtadin Bekasi merupakan sekolah yang melaksanakan pembelajaran untuk kelas VII pada siang hari. Agar siswa tidak mengantuk, maka pembelajaran harus melibatkan siswa secara aktif. Model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) merupakan model pembelajaran yang berlandaskan konstruktivisme dan melibatkan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CLIS, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan model CLIS pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitiannya adalah pre Experimental Design dengan desain penelitian pre-test and post-test Group. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-3 MTs Al-Muhtadin Bekasi. dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan angket. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlangsanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CLIS diperoleh dari lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Dari lembar observasi tersebut diperoleh nilai rata-rata masing-masing 96% untuk aktivitas guru dan siswa dari 18 aspek kegiatan yang diamati. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CLIS diperoleh dari pemberian soal dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal maka diperoleh rata-rata nilai tes awal sebesar 44,66, tes akhir sebesar 73, N-Gain sebesar 0,52. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CLIS diperoleh dengan memberikan angket yang berisi 10 pernyataan dengan menggunakan skala Likert. Dari angket tersebut diperoleh nilai rata-rata sebesar 79%. Hasil uji wilcoxon yang digunakan untuk menguji hipotesis diperoleh Zhitung 4,45 > Ztabel 1,65 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science); Hasil Belajar; Siswa; Materi Pencemaran Lingkungan; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Environmental Protection Engineering > Pollution Control and Industrial Sanitation Engineering |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:04 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 09:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1215 |
Actions (login required)
View Item |