Pengaruh Self-Concept Clarity dan Peer Influence terhadap keputusan pembelian pengguna jasa barbershop di Kota Bandung

Imany, Micko Muhammad Shidqi (2025) Pengaruh Self-Concept Clarity dan Peer Influence terhadap keputusan pembelian pengguna jasa barbershop di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEAS PLAGIASI)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pergeseran tren perawatan rambut pria dari pangkas tradisional menuju barbershop modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-concept clarity dan peer influence terhadap keputusan pembelian gaya emosional dan rasional pada pengguna jasa barbershop di Kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan survei pada 269 responden yang dipilih melalui non-probability sampling dengan kombinasi teknik accidental dan snowball sampling, karena populasi pasti pengguna barbershop sulit dijangkau sehingga sebagian responden diperoleh secara langsung, dan sebagian lainnya melalui jaringan sosial responden awal. Analisis data dilakukan dengan regresi multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keputusan pembelian emosional, peer influence berpengaruh dominan (β=0.814, R²=38%), sedangkan self-concept clarity berpengaruh lebih kecil (β=0.192, R²=4,4%). Pada keputusan pembelian rasional, keduanya masih tetap berpengaruh signifikan namun pengaruhnya lebih rendah dengan peer influence (β=0.358, R²=7,1%) tetap lebih dominan dibanding self-concept clarity (β=0.191, R²=3%). Temuan ini menunjukkan bahwa meski keputusan rasional tetap menjadi dasar konsumsi jasa barber, faktor sosial lebih kuat mendorong keputusan emosional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self-Concept Clarity; Peer Influence; Keputusan Pembelian
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Industrial Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Micko Muhammad Shidqi Imany
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:18
Last Modified: 22 Sep 2025 08:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121541

Actions (login required)

View Item View Item