Imany, Micko Muhammad Shidqi (2025) Pengaruh Self-Concept Clarity dan Peer Influence terhadap keputusan pembelian pengguna jasa barbershop di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEAS PLAGIASI)
2_abstrak.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (350kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pergeseran tren perawatan rambut pria dari pangkas tradisional menuju barbershop modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-concept clarity dan peer influence terhadap keputusan pembelian gaya emosional dan rasional pada pengguna jasa barbershop di Kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan survei pada 269 responden yang dipilih melalui non-probability sampling dengan kombinasi teknik accidental dan snowball sampling, karena populasi pasti pengguna barbershop sulit dijangkau sehingga sebagian responden diperoleh secara langsung, dan sebagian lainnya melalui jaringan sosial responden awal. Analisis data dilakukan dengan regresi multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keputusan pembelian emosional, peer influence berpengaruh dominan (β=0.814, R²=38%), sedangkan self-concept clarity berpengaruh lebih kecil (β=0.192, R²=4,4%). Pada keputusan pembelian rasional, keduanya masih tetap berpengaruh signifikan namun pengaruhnya lebih rendah dengan peer influence (β=0.358, R²=7,1%) tetap lebih dominan dibanding self-concept clarity (β=0.191, R²=3%). Temuan ini menunjukkan bahwa meski keputusan rasional tetap menjadi dasar konsumsi jasa barber, faktor sosial lebih kuat mendorong keputusan emosional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Concept Clarity; Peer Influence; Keputusan Pembelian |
Subjects: | Applied Psychology Applied Psychology > Industrial Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Micko Muhammad Shidqi Imany |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:18 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |