Penerapan model Experiential Learning berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik

Nurlaela, Ai Lia (2025) Penerapan model Experiential Learning berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung DJati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Surat Keterangan Cek Plagiarisme.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kompetensi penting bagi peserta didik. Model Experiential Learning berbantuan GeoGebra menjadi alternatif pembelajaran yang memadukan pengalaman langsung dan visualisasi teknologi untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Bagaimana proses pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Experiential Learning berbantuan GeoGebra?, (b) Apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Experiential Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional? serta (c) Bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Experiential Learning berbantuan GeoGebra mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Experiential Learning berbantuan GeoGebra dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket respon peserta didik, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik, (b) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model experiential learning lebih baik dibadingkan mretode konvensional, di mana rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan (c) peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran, khususnya pada aspek minat, kemandirian belajar, dan pemahaman konsep matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Experiential Learning; Pemahaman Konsep Matematis; GeoGebra
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ai Lia Nurlaela
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:24
Last Modified: 24 Sep 2025 02:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121707

Actions (login required)

View Item View Item