Nurlaela, Ai Lia (2025) Penerapan model Experiential Learning berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung DJati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Surat Keterangan Cek Plagiarisme.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (384kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kompetensi penting bagi peserta didik. Model Experiential Learning berbantuan GeoGebra menjadi alternatif pembelajaran yang memadukan pengalaman langsung dan visualisasi teknologi untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Bagaimana proses pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Experiential Learning berbantuan GeoGebra?, (b) Apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Experiential Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional? serta (c) Bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Experiential Learning berbantuan GeoGebra mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Experiential Learning berbantuan GeoGebra dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket respon peserta didik, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik, (b) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model experiential learning lebih baik dibadingkan mretode konvensional, di mana rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan (c) peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran, khususnya pada aspek minat, kemandirian belajar, dan pemahaman konsep matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Experiential Learning; Pemahaman Konsep Matematis; GeoGebra |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ai Lia Nurlaela |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:24 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |