Apriyani, Dewi (2025) Bimbingan kelompok melalui program Tafakur Day untuk meningkatkan motivasi belajar siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Al-Amanah Cileunyi kelas VIII Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (120kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas VIII yang mengalami penurunan motivasi belajar. Bentuk rendahnya motivasi belajar ini ditandai dengan gejala-gejala seperti kurangnya keterlibatan dalam kegiatan pembelajaran, terlambat datang ke sekolah, tidak mengerjakan tugas tepat waktu dan rendahnya antusiasme terhadap materi pelajaran. Dalam kasus ini, upaya yang dilakukan oleh guru BK SMP Al-Amanah Cileunyi salah satunya adalah dengan melakukan bimbingan kelompok melalui program tafakur day. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi motivasi belajar siswa SMP Al-Amanah Cileunyi kelas VIII, menganalisis dan mendeskripsikan mengenai proses pelaksanaan bimbingan kelompok melalui program tafakur day di SMP Al-Amanah Cileunyi kelas VIII dan mendeskripsikan hasil yang terjadi setelah dilakukannya bimbingan kelompok melalui program tafakur day di SMP Al-Amanah Cileunyi kelas VIII. Landasan teori dalam penelitian ini merujuk pada teori motivasi Abraham Maslow yang menjelaskan bahwa motivasi belajar berkaitan erat dengan pemenuhan kebutuhan manusia, mulai dari kebutuhan dasar hingga aktualisasi diri. Dalam konteks ini, bimbingan kelompok melalui program tafakur day dirancang untuk memenuhi aspek kebutuhan sosial, penghargaan dan aktualisasi diri siswa melalui kegiatan reflektif, spiritual dan diskusi kelompok yang terstruktur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti bimbingan kelompok melalui program tafakur day, siswa mengalami peningkatan motivasi belajar yang ditunjukkan melalui peningkatan partisipasi dalam pembelajaran, konsisten mengerjakan tugas dan munculnya kesadaran diri yang lebih tinggi terhadap tanggung jawab akademik siswa. Kesimpulannya, program bimbingan kelompok melalui program tafakur day terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Al-Amanah Cileunyi. Program ini tidak hanya menjadi sarana untuk mendukung pencapaian akademik siswa, tetapi menjadi wadah pembinaan karakter dan nilai spiritual yang berdampak positif terhadap perkembangan pribadi siswa. Oleh karena itu, program ini dapat dijadikan sebagai salah satu model layanan bimbingan yang layak untuk diterapkan secara berkelanjutan di sekolah-sekolah lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | dewiapriyani728@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok; Motivasi Belajar; Tafakur Day; Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Dewi Apriyani |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:18 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |