Bimbingan keagamaan melalui program pembiasaan shalat berjamaah dalam meningkatkan penguasaan bacaan shalat siswa diniyah

Sukmawati, Senni Anti (2025) Bimbingan keagamaan melalui program pembiasaan shalat berjamaah dalam meningkatkan penguasaan bacaan shalat siswa diniyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Cek Plagiasi_Senni (1).pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa kelas 5 dan 6 di Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Al-Barzakh dalam melafalkan bacaan shalat dengan tepat. Banyak siswa melakukan kesalahan pada aspek pelafalan maupun urutan bacaan. Kondisi ini menunjukkan perlunya bimbingan yang sistematis, praktis, dan berkelanjutan agar siswa mampu menguasai bacaan shalat secara benar. Fokus penelitian mencakup tiga hal, yaitu kondisi awal penguasaan bacaan shalat siswa, proses pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui program pembiasaan shalat berjamaah, serta hasil yang dicapai setelah program diterapkan. Tujuan penelitian adalah mengetahui kondisi awal bacaan shalat siswa, mendeskripsikan proses pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui program pembiasaan shalat berjamaah, dan menjelaskan hasil yang diperoleh dalam meningkatkan bacaan shalat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijaga dengan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan teori bimbingan keagamaan Anwar Sutoyo dan teori pembelajaran sosial Albert Bandura sebagai dasar analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembiasaan shalat berjamaah di DTA Al-Barzakh dilaksanakan rutin dengan metode jahr (mengeraskan bacaan). Proses bimbingan dilakukan berkelompok dengan pendampingan guru, sehingga siswa lebih mudah mendengar, menirukan, dan menghafal bacaan. Setelah mengikuti program, kemampuan siswa meningkat pada aspek hafalan, ketepatan pelafalan, dan pemahaman bacaan shalat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Teori Belajar Sosial; Pembiasaan Shalat Berjamaah; Bacaan Shalat
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Senni Anti S
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:52
Last Modified: 25 Sep 2025 03:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121939

Actions (login required)

View Item View Item