Sukmawati, Senni Anti (2025) Bimbingan keagamaan melalui program pembiasaan shalat berjamaah dalam meningkatkan penguasaan bacaan shalat siswa diniyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Cek Plagiasi_Senni (1).pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi .pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa kelas 5 dan 6 di Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Al-Barzakh dalam melafalkan bacaan shalat dengan tepat. Banyak siswa melakukan kesalahan pada aspek pelafalan maupun urutan bacaan. Kondisi ini menunjukkan perlunya bimbingan yang sistematis, praktis, dan berkelanjutan agar siswa mampu menguasai bacaan shalat secara benar. Fokus penelitian mencakup tiga hal, yaitu kondisi awal penguasaan bacaan shalat siswa, proses pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui program pembiasaan shalat berjamaah, serta hasil yang dicapai setelah program diterapkan. Tujuan penelitian adalah mengetahui kondisi awal bacaan shalat siswa, mendeskripsikan proses pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui program pembiasaan shalat berjamaah, dan menjelaskan hasil yang diperoleh dalam meningkatkan bacaan shalat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijaga dengan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan teori bimbingan keagamaan Anwar Sutoyo dan teori pembelajaran sosial Albert Bandura sebagai dasar analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembiasaan shalat berjamaah di DTA Al-Barzakh dilaksanakan rutin dengan metode jahr (mengeraskan bacaan). Proses bimbingan dilakukan berkelompok dengan pendampingan guru, sehingga siswa lebih mudah mendengar, menirukan, dan menghafal bacaan. Setelah mengikuti program, kemampuan siswa meningkat pada aspek hafalan, ketepatan pelafalan, dan pemahaman bacaan shalat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan; Teori Belajar Sosial; Pembiasaan Shalat Berjamaah; Bacaan Shalat |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Senni Anti S |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:52 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |