Wintri, Nur Zaida (2025) Digital storytelling dalam produk jurnalisme investigasi : Studi deskriptif program buka mata pada channel Youtube Narasi Newsroom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (450kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Digital storytelling menjadi pendekatan penting dalam praktik jurnalistik, terutama di platform digital seperti Youtube. Pendekatan ini digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik dan menyentuh sisi emosional audiens melalui isu yang relevan di masyarakat. Program Buka Mata oleh Narasi Newsroom merupakan salah satu contoh produk jurnalisme investigasi yang konsisten menerapkan digital storytelling dalam setiap kontennya. Buka Mata menunjukkan bahwa produk jurnalistik dapat dikemas secara kreatif melalui elemen audio-visual, meskipun membahas berbagai isu kompleks di Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan elemen digital storytelling dalam program Buka Mata dan strategi pengemasan konten oleh tim produksi supaya menarik di platform Youtube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Metode ini dipilih untuk memahami secara mendalam penerapan digital storytelling pada program Buka Mata dan strategi tim produksi dalam mengemas konten supaya menarik di platform digital, khususnya Youtube. Melalui kombinasi ketiga hal ini, peneliti berupaya untuk memahami bagaimana praktik digital storytelling dikonstruksi melalui pengalaman langsung, proses kreatif, dan interpretasi para pelaku produksi dalam mengemas isu-isu sosial ke dalam konten jurnalistik yang menarik di platform Youtube, khususnya tim produksi di lingkungan kerja Narasi Newsroom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buka Mata menerapkan digital storytelling secara konsisten di setiap kontennya melalui penggabungan elemen narasi, visual, dan audio yang saling melengkapi. Narasi disusun secara terstruktur dilengkapi dengan visualisasi untuk memperdalam makna dan audio yang selaras membangun suasana serta memperkuat penyampaian pesan. Cerita yang diangkat berasal dari isu-isu di sekitar masyarakat, bahkan isu yang jarang disorot oleh media lain. Tim produksi bekerja secara kolaboratif dari pra hingga pasca produksi dengan mempertimbangkan karakteristik platform Youtube dan analisis data audiens untuk menentukan gaya penyampaian yang paling efektif. Pendekatan ini berhasil menjadikan Buka Mata sebagai produk jurnalistik yang tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi mampu mengemas isu kompleks secara kreatif sesuai dengan karakteristik audiens digital.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Storytelling; Jurnalisme Investigasi; Buka Mata Narasi Newsroom; Produksi Konten Digital |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Nur Zaida Wintri |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:47 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |