Tsania, Gina (2025) Pembelajaran terintegrasi Ethno-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, and Mathematics) berbasis PJBL untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembuatan peuyeum ketan khas Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER (2).pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKS.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar pernyataan.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (2).pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I (2).pdf Download (507kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II (3).pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III (2).pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV (2).pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V (2).pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (AutoRecovered).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya tingkat pemahaman konseptual siswa pada materi bioteknologi, terutama dalam hal mengaitkan ilmu pengetahuan dengan kearifan lokal, merupakan persoalan yang sering dijumpai dalam pendidikan biologi. Sebagai solusi, studi ini mengimplementasikan pendekatan Etno-STREAM (yang mengintegrasikan aspek Sains, Teknologi, Agama, Teknik, Seni, dan Matematika) dengan model Project-Based Learning (PjBL) melalui kegiatan membuat peuyeum ketan, sebuah produk tradisional khas Pangandaran. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan melibatkan peserta didik kelas X MAN 2 Pangandaran. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes awal dan tes akhir (pretest-posttest) untuk mengevaluasi pemahaman konsep, serta lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan proses pembelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat keterlaksanaan model pembelajaran mencapai 89% untuk guru dan 87% untuk siswa, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Rata-rata N-gain yang dicapai kelas eksperimen adalah 0,56 (kategori sedang), angka ini lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol yang hanya memperoleh 0,16 (kategori rendah). Analisis statistik juga membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut (p = 0,002). sangat baik. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,56 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 0,16 (kategori rendah). Uji statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p = 0,002). Selain itu, 89% siswa pada kelas eksperimen berhasil menghasilkan produk peuyeum ketan dengan kategori sangat kompeten. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan Etno-STREAM berbasis PjBL memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan praktis, sekaligus memperkuat keterhubungan siswa dengan budaya lokal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etno-STREAM; Project-Based Learning; pemahaman konsep; bioteknologi; peuyeum ketan; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Gina Tsania |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:34 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |