Pembelajaran terintegrasi Ethno-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, and Mathematics) berbasis PJBL untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembuatan peuyeum ketan khas Pangandaran

Tsania, Gina (2025) Pembelajaran terintegrasi Ethno-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, and Mathematics) berbasis PJBL untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembuatan peuyeum ketan khas Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER (2).pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKS.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar pernyataan.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (2).pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (2).pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (AutoRecovered).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya tingkat pemahaman konseptual siswa pada materi bioteknologi, terutama dalam hal mengaitkan ilmu pengetahuan dengan kearifan lokal, merupakan persoalan yang sering dijumpai dalam pendidikan biologi. Sebagai solusi, studi ini mengimplementasikan pendekatan Etno-STREAM (yang mengintegrasikan aspek Sains, Teknologi, Agama, Teknik, Seni, dan Matematika) dengan model Project-Based Learning (PjBL) melalui kegiatan membuat peuyeum ketan, sebuah produk tradisional khas Pangandaran. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan melibatkan peserta didik kelas X MAN 2 Pangandaran. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes awal dan tes akhir (pretest-posttest) untuk mengevaluasi pemahaman konsep, serta lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan proses pembelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat keterlaksanaan model pembelajaran mencapai 89% untuk guru dan 87% untuk siswa, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Rata-rata N-gain yang dicapai kelas eksperimen adalah 0,56 (kategori sedang), angka ini lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol yang hanya memperoleh 0,16 (kategori rendah). Analisis statistik juga membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut (p = 0,002). sangat baik. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,56 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 0,16 (kategori rendah). Uji statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p = 0,002). Selain itu, 89% siswa pada kelas eksperimen berhasil menghasilkan produk peuyeum ketan dengan kategori sangat kompeten. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan Etno-STREAM berbasis PjBL memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan praktis, sekaligus memperkuat keterhubungan siswa dengan budaya lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etno-STREAM; Project-Based Learning; pemahaman konsep; bioteknologi; peuyeum ketan;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Gina Tsania
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:34
Last Modified: 25 Sep 2025 03:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122057

Actions (login required)

View Item View Item