Pembentukan kepatuhan norma sosial melalui pendidikan agama dalam keluarga di Desa Rancaekek Kulon

Gantana, Aldi (2025) Pembentukan kepatuhan norma sosial melalui pendidikan agama dalam keluarga di Desa Rancaekek Kulon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-1.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-2.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Pernyataan bebas plagiasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-8-12.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-13-22.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-23-59.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB III)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-60-74.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-75-107.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB V)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-108-110.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-111-113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Aldi Hadi Gantana 1218030014-114-118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Fenomena menurunnya kepatuhan terhadap norma sosial di kalangan masyarakat, terutama generasi muda, menjadi perhatian serius dalam konteks perubahan sosial yang cepat. Di tengah arus modernisasi dan perkembangan teknologi, peran keluarga sebagai agen sosialisasi utama mengalami tantangan besar, terutama dalam mempertahankan nilai-nilai keagamaan yang menjadi dasar moral dan norma sosial. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai sejauh mana pendidikan agama dalam keluarga masih memahami dalam membentuk kepatuhan individu terhadap norma sosial. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaiaman mengetahui pola pendidikan agama yang diterapkan dalam keluarga di Desa Rancaekek Kulon, menganalisis pemahaman agama terhadap kepatuhan individu terhadap norma sosial, serta memahami hasil yang dicapai dari proses internalisasi nilai keagamaan dalam keluarga terhadap perilaku sosial anggota keluarga, khususnya anak dan remaja. Teori dalam penelitian ini menggunakan pendekatan teori Pertukaran Sosial dari George Homans yang menekankan prinsip timbal balik dalam relasi sosial, serta teori Habitus dari Pierre Bourdieu yang menjelaskan bahwa perilaku sosial terbentuk melalui pengalaman yang terus menerus dan telah terinternalisasi sejak dini. Keduanya digunakan untuk melihat pendidikan agama sebagai proses pertukaran nilai dan pembentukan disposisi sosial yang diakibatkan kepatuhan terhadap norma. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan terdiri dari orang tua, Tokoh Masyarakat (Ustadz), dan remaja di Desa Rancaekek Kulon. Analisis dilakukan secara induktif untuk menggambarkan hubungan antara praktik pendidikan agama di keluarga dan kepatuhan terhadap norma sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama dalam keluarga di Desa Rancaekek Kulon masih berjalan melalui pendekatan tradisional seperti keteladanan, pembiasaan ibadah, dan komunikasi nilai secara lisan. Meskipun demikian, teknologi menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga konsistensi nilai. Pendidikan agama terbukti memberikan kontribusi positif dalam membentuk kesadaran kolektif dan kepatuhan sosial, selama keluarga tetap aktif dalam membina nilai-nilai secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keluarga,Norma sosial; Pendidikan agama; Teori habitus; Teori pertukaran sosial
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aldi Aldi Gantana
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:02
Last Modified: 25 Sep 2025 07:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122140

Actions (login required)

View Item View Item