Rahman, Asep Andi (2025) Pengembangan Bahan Ajar Digital Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam Berbasis Problem Based Learning: Penelitian di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (803kB) | Preview |
|
|
Text (skbebasplagiasi)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text (daftarisi)
4_daftarisi.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text (bab1)
5_bab1.pdf Download (898kB) | Preview |
|
![]() |
Text (bab2)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (bab3)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (bab4)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (bab5)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (daftarpustaka)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (lampiran)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya ketersediaan bahan ajar digital yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran Sejarah Peradaban Islam (SPI). Pengembangan bahan ajar digital berbasis Problem Based Learning (PBL) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, mendorong keterlibatan mahasiswa, serta menanggapi tantangan pendidikan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi kebutuhan bahan ajar digital berbasis PBL dalam mata kuliah SPI; 2) Menyusun desain dan pengembangan bahan ajar digital SPI berbasis PBL; 3) Menganalisis diseminasi bahan ajar digital SPI berbasis PBL; dan 4) Menggambarkan penerimaan penggunaan bahan ajar oleh dosen dan mahasiswa. Kerangka berpikir dalam penelitian ini berlandaskan pada teori konstruktivisme, yang menekankan bahwa pengetahuan dibangun secara aktif oleh individu melalui pengalaman dan interaksi sosial. Teori ini diterapkan dalam model Problem Based Learning (PBL), yang memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam memecahkan masalah nyata, sehingga mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konseptual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes, serta dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Validasi dilakukan oleh ahli materi, teknologi pembelajaran, dan praktisi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat kebutuhan tinggi terhadap bahan ajar digital berbasis PBL dari dosen dan mahasiswa, karena bahan ajar ini meningkatkan motivasi dan keterlibatan aktif; 2) Desain bahan ajar yang dikembangkan mengintegrasikan sintaks PBL dalam LMS eNaba; 3) Pengembangan bahan ajar terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi mahasiswa; dan 4) Diseminasi dilakukan melalui pembuatan artikel ilmiah dan uji coba luas yang menunjukkan penerimaan positif dari mahasiswa dan dosen. (5) Penerimaan mahasiswa dan dosen sangat positif. Secara keseluruhan, pengembangan bahan ajar digital berbasis PBL efektif dalam meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman mahasiswa, serta dapat diimplementasikan lebih luas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Digital; Problem Based Learning; Sejarah Peradaban Islam |
Subjects: | Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Fikri |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:58 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |