Sariah, Dedeh (2025) Implementasi manajemen strategik dalam peningkatan tata kelola pengembangan keprofesian berkelanjutan pada madrasah: Penelitian di MTs Negeri 3 Sumedang dan MTs Negeri 6 Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan bebas plagiarism.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) berperan penting dalam meningkatkan profesionalisme dan kualitas pendidikan melalui manajemen strategik yang terkelola dengan baik. Melalui keterlibatan aktif kepala madrasah dalam formulasi, implementasi, dan evaluasi strategik PKB menjadi faktor kunci dalam menciptakan budaya kerja yang mendukung pengembangan kompetensi guru secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menemukan fakta terkait formulasi, implementasi dan evaluasi strategik kepala madrasah dalam peningkatan tata kelola Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada madrasah. Formulasi strategik adalah proses menetapkan program atau rencana yang dilaksanakan organisasi untuk mencapai tujuan akhir. Implemetasi strategik sebagai tindakan konkrit dalam mewujudkan strategik. Evaluasi strategik dalam rangka menilai kinerja PKB di Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu : 1) Formulasi strategik kepala madrasah dalam peningkatan tata kelola PKB dilakukan secara partisipatif dan sistematis melalui penyusunan visi-misi yang berorientasi pada profesionalisme guru, identifikasi peluang dan tantangan eksternal, analisis kekuatan serta kelemahan internal, dan perumusan strategi alternatif yang adaptif dan kolaboratif. 2) Implementasi strategik kepala madrasah dalam peningkatan tata kelola PKB diwujudkan melalui perumusan tujuan tahunan yang terukur dan selaras visi, kebijakan yang memotivasi guru secara struktural dan personal, pengalokasian sumber daya keuangan yang transparan dan prioritatif, serta pemanfaatan sistem informasi digital yang mendukung efisiensi, akuntabilitas, dan kolaborasi. 3) Evaluasi strategik kepala madrasah dalam peningkatan tata kelola PKB dilakukan secara adaptif dan partisipatif melalui pengukuran kinerja berbasis kebutuhan guru serta pelaksanaan tindakan korektif yang terstruktur dan kolaboratif, sehingga mendorong budaya reflektif, pengelolaan mutu berkelanjutan, dan peningkatan profesionalisme guru. Ketiga tahapan strategik kepala madrasah yaitu formulasi, implementasi, dan evaluasi dilaksanakan secara terintegrasi dan berorientasi pada penguatan profesionalisme guru melalui pendekatan partisipatif, adaptif, dan kolaboratif yang mendukung terciptanya tata kelola PKB yang sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen strategik; tata kelola; pengembangan keprofesian berkelanjutan; madrasah |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dedeh Sariah |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:15 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |