Ana, Anisa (2025) Implementasi pengembangan program Tahfidz dalam meningkatkan mutu hafalan Al-Qur'an: Penelitian di MTs Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Assalaam Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_keterangan bebas plagiarism.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar isi.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf Download (863kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (920kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka (5).pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan globalisasi dan kemajuan teknologi menuntut lembaga pendidikan Islam untuk tidak hanya mencetak generasi yang cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat dalam karakter dan spiritualitas. Salah satu pendekatan strategis yang dikembangkan adalah program tahfidz Al-Qur’an, yang diyakini mampu menanamkan nilai-nilai moral dan meningkatkan kualitas pribadi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengembangan program tahfidz dalam meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’an di MTs PPTQ Assalaam Kota Bandung. Tujuan penelitian ini mencakup tiga aspek; a) penilaian kebutuhan (need assessment), b) pelaksanaan program, dan c) evaluasi program tahfidz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian kebutuhan yang sistematis menjadi dasar utama dalam merancang program tahfidz dengan melakukan pemetaan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an peserta didik, sehingga memungkinkan pengelompokan santri dan pemilihan metode pembelajaran yang sesuai, seperti metode Yanbu’a. Pelaksanaan program dilakukan secara bertahap dan adaptif dengan mengombinasikan metode tradisional dan inovatif, menekankan pada diferensiasi pembelajaran melalui tahapan talaqqi, tikrar, dan jadwal hafalan individual, meskipun menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu, guru, dan fasilitas. Evaluasi dilakukan secara berjenjang mulai dari harian hingga semesteran, fokus pada kualitas hafalan, ketepatan tajwid, dan keberlanjutan pembelajaran, yang berfungsi sebagai alat ukur capaian sekaligus dasar pengambilan keputusan untuk perbaikan program. Dengan pendekatan ini, program tahfidz di MTs PPTQ Assalaam berupaya menjaga dan meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’an secara konsisten dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik. Studi ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan model pendidikan tahfidz yang holistik dan kontekstual, serta menjadi acuan dalam peningkatan mutu pendidikan Islam berbasis pesantren. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pendidikan Islam dengan menekankan pentingnya penyesuaian program tahfidz sesuai karakteristik peserta didik. Secara praktis, keberhasilan program bergantung pada perencanaan matang, pelaksanaan adaptif, dan evaluasi sistematis, termasuk metode Yanbu’a dan jadwal hafalan fleksibel. Temuan ini juga menjadi acuan bagi pembuat kebijakan untuk mendukung kebijakan yang fleksibel, penyediaan tenaga berkualitas, dan penguatan evaluasi demi meningkatkan mutu tahfidz di madrasah. .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Program Tahfidz; Mutu Hafalan Al-Qur’an; Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya Education > Organization of Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ana anisa |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:03 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |