Nurhalimah, Ima Hafidzah (2025) Ekpsplorasi etnomatematika pada Masjid Raya Al-Jabbar dalam membuat soal pemecahan masalah matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftar isi.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (554kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Terdapat kaitan yang kuat antara matematika dengan kebudayaan, namun masyarakat termasuk peserta didik masih belum menyadarinya. Salah satu penyebabnya adalah karena kurang banyaknya bahan ajar yang berkaitan dengan dengan kebudayaan. Etnomatematika merupakan penghubung antara matematika dengan kebudayaan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui konsep-konsep etnomatematika pada Masjid Raya Al-Jabbar, bentuk representasi matematika formal yang terkandung pada Masjid Raya Al-Jabbar, dan soal pemecahan masalah berbasis etnomatematika Masjid Raya Al-Jabbar. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode kualitatif serta pendekatan etnografi. Diperoleh data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari hasil dokumentasi serta observasi Masjid Raya Al-Jabbar, dan hasil wawancara dengan pegawai Masjid Raya Al-Jabbar. Sementara data sekunder didapat dari studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya (1) Konsep-konsep etnomatematika pada Masjid Raya Al-Jabbar Kota Bandung berupa akitivitas matematis dan konsep geometri. (2) Bentuk representasi matematika formal yang terkandung pada Masjid Raya Al-Jabbar diantaranya adalah bangun datar, bangun ruang, transformasi geometri, serta kekongruenan dan kesebangunan. (3) Rancangan soal pemecahan masalah matematika tentang geometri berbasis etnomatematika Masjid Raya Al-Jabbar. Hasil penelitian ini dapat dijadakan sebagai bahan ajar matematika berbasis budaya serta memperkaya kajian etnomatematika dalam pendidikan matematika di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika; Masjid Raya Al-Jabbar; Soal Pemecahan Masalah |
Subjects: | Buildings for Religious Architecture > Mosques and Minarets Architecture |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ima Hafidzah Nurhalimah |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 03:05 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 03:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |