Kamila, Aida Rahma (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif nearpod pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (44kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarisme.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
5_bab1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 5)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kesetimbangan kimia merupakan materi yang abstrak sehingga dianggap sulit oleh siswa. Hasil wawancara guru di salah satu SMA menyatakan 50% siswa tidak tuntas pada materi ini yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan jarangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif nearpod pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest terhadap 22 siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa dan pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan hasil observasi aktivitas siswa secara keseluruhan pada semua tahapan pembelajaran yaitu 98,66 dengan interpretasi sangat baik. Hasil kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja yaitu 86,61 dengan interpretasi baik sekali. Hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif nearpod berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan memperoleh nilai signifikan sebesar <0,001 dengan nilai N-Gain sebesar 0,70 yang berarti adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif nearpod pada materi kesetimbangan kimia dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran BerbasiS Masalah; Nearpod; Kesetimbangan Kimia; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Aida Rahma Kamila |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 01:19 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 01:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |