Fahruzi, Agung (2025) Pengaruh pelayanan administrasi kesiswaa terhadap kepuasan peserta didik di SMPIT Al Mustaqimiyyah dan SMPIT Ishlahul Ummah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (350kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pelayanan administrasi kesiswaan di SMPIT Al Mustaqimiyyah dan SMPIT Ishlahul Ummah yang masih belum optimal, hal ini disebabkan kurangnya pelayanan administrasi kesiswaan karena keterlambatan petugas pelayanan administrasi kesiswaan dalam memberikan informasi kepada peserta didik, tidak semua sumber daya manusia (SDM) pada pelayanan administrasi kesiswaan memiliki kemampuan dalam pemanfaatan sistem informasi, sehingga mempengaruhi kepuasan pada peserta didik. Akibatnya, informasi yang diberikan kepada peserta didik menjadi terlambat kepada para orang tua peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelayanan administrasi kesiswaan di SMPIT Al Mustaqimiyyah dan SMPIT Ishlahul Ummah (2) Mendeskripsikan kepuasan peserta didik (3) Menganalisis pengaruh pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan peserta didik di SMPIT Al Mustaqimiyyah dan SMPIT Ishlahul Ummah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ex post facto. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh memaluli penyebaran angket dengan pengkuruan skala likert yang terdiri dari empat jawaban pilihan. Responden dalam penelitian ini merupakan peserta didik SMPIT Al Mustaqimiyyah dan SMPIT Ishlahul Ummah sebanyak 74 peserta didik. Adapun teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (validitas dan reabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas) dan uji hipotesis (uji analisis regresi linier sederhana, uji signifikansi, dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukan perhitungan pada: (1) Pelayanan Administrasi Kesiswaan (X) memperoleh nilai rata-rata 2,94 termasuk dalam kategori cukup. (2) Kepuasan Peserta Didik (Y) memperoleh nilai rata rata 2,85 termasuk dalam kategori cukup. (3) Pengaruh Pelayanan Administrasi Kesiswaan terhadap Kepuasan Peserta Didik menurut hasil pengujian regresi linier sederhana diketahui bahwa setiap penambahan 1% tingkat pelayanan administrasi kesiswaan maka terhadap kepuasan peserta didik akan meningkat sebesar 333. Selanjutnya, hasil uji persial (uji-t) menjelaskan bahwa pengaruh kedua variabel menunjukan nilai thitung sebesar 7,542 dan ttabel 1,993 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 0,664 yang berarti 44,1% kepuasan peserta didik dipengaruhi oleh pelayanan administrasi kesiswaan, sedangkan sisanya sekitar 55,9% yang masih dipengaruhi faktor lain diluar penelitian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah; Kepuasan; Pelayanan Administrasi; Peserta Didik; |
Subjects: | Education > Organization of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Agung Fahruzi Fahruzi |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:06 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |