Amaliyah, Dede Siska (2025) Model pendidikan Islam dalam membentuk pribadi muslimah anak (usia 0-12 thn) di keluarga. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
Surat pernyataan dede siska.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan perkembangan sebuah negara sangat dipengaruhi oleh kemajuan perkembangan Masyarakat, dan kelompok masyarakat terkecil adalah keluarga. Model Pendidikan Islam di Keluarga menjadi urgen dalam membentuk pribadi anak khususnya pada (usia 0-12 thn).Melalui Pendidikan Islam membentuk pribadi muslim anak di keluarga, adalah langkah strategis membentuk pribadi generasi masa depan. Ditangan generasi muda bisa memajukan bangsa.Oleh sebab itu penting Model Pendidikan Islam dalam membentuk kepribadian muslim anak (usia 0-12 thn) di keluarga. Tujuan Penelitian ini, adalah untuk mengetahui Model Pendidikan Islam yang di terapkan perempuan (PERSISTRI) dalam membentuk kepribadian muslim anak (usia 0-12 thn) di keluarga.Serta terbentuknya pribadi Islami anak di keluarga Muslim, sebagai langkah strategis membentuk masyarakat yang berakhlak baik melalui pembentukan kepribadian dikeluarga. Penelitian ini didasarkan pada teori yang mengatakan bahwa; “Pentingnya Pendidikan Islam bagi anak di keluarga, yaitu pertama penerapan aqidah, pelaksanaan ibadah dan pembentukan akhlak mulia anak, hingga terbentuk keluarga muslim.” yang di katakan oleh Prof.Ahmad Tafsir dalam bukunya, berjudul: Pendidikan Agama Dalam Keluarga, penerbit Rosda Karya Bandung. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, untuk mendapatkan hasil penelitian yang komprehensif. Melalui pendekatan penelitian lapangan (Filed resech).Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif ini, penulis sandarkan pada konsep Jhon Creswell melalui 5 langkah penelitian yaitu 1) Identifikasi, 2) Membuat izin dan mencari informasi, 3) Pengayaan protocol penelitian, 4) Menyusun instrument penelitian, 5) Mengadministrasian, Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua itu di lakukan untuk melengkapi data, berdasarkan pada penelitian Naturalistik (Natural Setting).Penelitian dilakukan pada sebuah situasi dan kondisi alamiah, (Sugiono Penelitian Kualitatif). Hasil penelitian ini adalah Model Pendidikan Islam untuk membentuk kepribadian muslim anak (usia 0-12 thn), di keluarga.Keluarga PERSISTRI, yang menjadi sentral penelitian ini.Pada perinsipnya PERSISTRI memiliki konsep sendiri dalam mendidik pribadi muslim anak.PERSISTRI memiliki ciri khas yaitu pendidikan muslim anak di dasarkan pada Al-Qur’an-Sunah.Pada tujuan yang sama dalam meningkatkan generasi muslim, generasi lebih baik.Pembentuk pribadi muslim bergantung pada model pendidik yang memiliki orientasi kedepan, dengan metode, materi pendidikan Islam yang tepat sesuai Qur’an hadist, serta memahami faktor-faktor yang mendukung pembentuk pribadi Islami anak melalui penerapan aqidah, Ibadah, dan menerapkan akhlak mulia.Hal itulah prilaku membentuk pribadi Muslim di Keluarga PERSISTRI, terutama usia anak Golden Ege, perempuan sebagai ibu miliki pengaruh cukup signifikan kisaran 60-80% perempuan sebagai ibu begitu mempengaruhi kepribadian anak di keluarga. The progress of a nation is significantly influenced by the development of its society, with the smallest social unit being the family. The Islamic education model within families is crucial in shaping children's personalities, especially for those aged 0-12 years. Through this model, the family plays a strategic role in forming the character of future generations. The advancement of the nation lies in the hands of the youth. Therefore, the importance of the Islamic education model in shaping children's personalities within the family cannot be overstated. The purpose of this research is to understand the impact of the Islamic education model applied by women on the personalities of children (ages 0-12) in families. As well as the formation of the Islamic personality of children in Muslim families, as a strategic step in forming a society with good morals through the formation of personality in the family. This research is based on the theory that says that education is importennt for children in family. Namely the application of faith, the performance of worship and the formation of noble morals in children until muslim family is formed. As stated by Prof. Ahmad Tafsir states in his book, Religious Education in the Family, published by Rosda Karya Bandung. The research method used by the author is qualitative research to obtain comprehensive research results. This is conducted through a field research approach. The qualitative research method is based on the concept of John Creswell, which involves five research steps: 1) Identification, 2) Obtaining permission and seeking information, 3) Enriching the research protocol, 4) Developing research instruments, and 5) Administration. In the identification phase, purposeful sampling is used to collect data through observation, interviews, and documentation. All of this is done to complement the data based on naturalistic research or natural settings, as the research is conducted in a natural situation and condition (Sugiono, Qualitative Research). The results of this study indicate that the Islamic education model can shape the personalities of children aged 0-12 in Muslim families. The PERSISTRI families, which are the focus of this research, have their own concepts for educating children in an Islamic manner, while also exhibiting unique characteristics in their educational approaches. They share the common goal of improving the next generation to be better than their parents. The formation of personality depends on the determination to apply Aqidah, worship, and consistent behavior. The implementation is clear, with defined goals, materials, and strategies, as 60-80% of development occurs during the golden age when parental influence is significant. In conclusion, the focus should be on parents as models of Islamic education, consistently educating their children with the applied educational materials, fostering a spirit of advancement. تَتَأَثَّرُ تَقَدُّمُ دَوْلَةٍ مَا بِشَكْلٍ كَبِيرٍ بِتَقَدُّمِ الْمُجْتَمَعِ، وَأَصْغَرُ مَجْمُوعَةٍ فِي الْمُجْتَمَعِ هِيَ الْأُسْرَةُ. يُصْبِحُ نَمُوذَجُ التَّعْلِيمِ الْإِسْلَامِيِّ فِي الْأُسْرَةِ أَمْرًا مُلِحًّا فِي تَشْكِيلِ شَخْصِيَّةِ الطِّفْلِ، خَاصَّةً فِي سِنِّ ٠-١٢ سَنَةً. مِنْ خِلَالِ نَمُوذَجِ تَشْكِيلِ شَخْصِيَّةِ الطِّفْلِ فِي الْأُسْرَةِ، يُعَدُّ خُطْوَةً اسْتِرَاتِيجِيَّةً لِتَشْكِيلِ شَخْصِيَّةِ جِيلِ الْمُسْتَقْبَلِ. بِيَدِ الْجِيلِ الشَّابِّ يُمْكِنُ أَنْ يَتَقَدَّمَ الْوَطَنُ. لِذَلِكَ، مِنَ الْمُهِمِّ جِدًّا نَمُوذَجُ التَّعْلِيمِ الْإِسْلَامِيِّ فِي تَشْكِيلِ شَخْصِيَّةِ الْأَطْفَالِ فِي الْأُسْرَةِ. هَدَفُ هَذَا الْبَحْثِ هُوَ مَعْرِفَةُ تَأْثِيرِ نَمُوذَجِ التَّعْلِيمِ الْإِسْلَامِيِّ الَّذِي تُطَبِّقُهُ النِّسَاءُ عَلَى شَخْصِيَّةِ الْأَطْفَالِ (مِنْ عُمُرِ ٠-١٢ سَنَةً) فِي الْأُسْرَةِ. هُنَاكَ أَهْدَافٌ يَجِبُ أَنْ تُطَبَّقَ فِي التَّعْلِيمِ الْإِسْلَامِيِّ، وَفْقًا لِلْبُرُوفِيسُورِ أَحْمَدَ تَفْسِيرٍ، وَهِيَ تَشْكِيلُ شَخْصِيَّةِ الطِّفْلِ الْمُؤْمِنِ، ذُو الْأَخْلَاقِ وَالْعِلْمِ، وَقَادِرٌ عَلَى تَطْبِيقِ عِلْمِهِ فِي الْمُسْتَقْبَلِ. بَعْضُ مَبَادِئِ التَّعْلِيمِ الدِّينِيِّ لِلْأَطْفَالِ فِي الْأُسْرَةِ تَشْمَلُ أَوَّلًا تَطْبِيقَ الْعَقِيدَةِ، وَتَنْفِيذَ الْعِبَادَةِ، وَتَشْكِيلَ الْأَخْلَاقِ الْمُهَذَّبَةِ لِلْأَطْفَالِ، حَتَّى تَتَشَكَّلَ أُسْرَةٌ مُسْلِمَةٌ. الطَّرِيقَةُ الَّتِي اسْتَخْدَمَهَا الْكَاتِبُ فِي الْبَحْثِ هِيَ الطَّرِيقَةُ النَّوْعِيَّةُ، لِلْحُصُولِ عَلَى نَتَائِجَ بَحْثٍ شَامِلَةٍ. مِنْ خِلَالِ نَهْجِ الْبَحْثِ الْمِيدَانِيِّ. تَعْتَمِدُ هَذِهِ الطَّرِيقَةُ النَّوْعِيَّةُ عَلَى مَفْهُومِ جُون كْرِسْوِل مِنْ خِلَالِ ٥ خُطُواتٍ لِلْبَحْثِ وَهِيَ: ١) تَحْدِيدُ الْهُوِيَّةِ، ٢) الْحُصُولُ عَلَى إِذْنٍ وَالْبَحْثُ عَنْ الْمَعْلُومَاتِ، ٣) إِثْرَاءُ بُرُوتُوكُولِ الْبَحْثِ، ٤) إِعْدَادُ أَدَوَاتِ الْبَحْثِ، ٥) الْإِدَارَةُ. فِي مَرْحَلَةِ تَحْدِيدِ الْهُوِيَّةِ، تَمَّ اسْتِخْدَامُ الْعَيِّنَةِ الْهَادِفَةِ، وَجَمْعُ الْبَيَانَاتِ مِنْ خِلَالِ الْمُلاحَظَةِ، وَالْمُقَابَلَاتِ، وَالتَّوْثِيقِ. كُلُّ ذَلِكَ تَمَّ لِلْقِيَامِ بِتَكْمِيلِ الْبَيَانَاتِ، بِنَاءً عَلَى الْبَحْثِ الطَّبِيعِيِّ أَوْ الإِعْدَادِ الطَّبِيعِيِّ، وَيُطْلَقُ عَلَيْهِ هَذَا الْاسْمُ لِأَنَّ الْبَحْثَ تَمَّ فِي وَضْعٍ وَظُرُوفٍ طَبِيعِيَّةٍ. (سُوجِيُونُو، الْبَحْثُ النَّوْعِيُّ) نَتَائِجُ هَذَا الْبَحْثِ هِيَ أَنَّ نَمُوذَجَ التَّعْلِيمِ الْإِسْلَامِيِّ يُمْكِنُ أَنْ يُشَكِّلَ شَخْصِيَّةَ الْأَطْفَالِ مِنْ عُمُرِ ٠-١٢ سَنَةً فِي الْأُسْرَةِ الْمُسْلِمَةِ. أُسْرَةُ بَيْرَسَتْرِي، الَّتِي كَانَتْ مَرْكَزَ الْبَحْثِ. مِنْ حَيْثُ الْمَبْدَأُ، لَدَيْهَا مَفْهُومٌ خَاصٌّ فِي تَعْلِيمِ الْأَطْفَالِ بِطَرِيقَةٍ إِسْلَامِيَّةٍ، وَلَكِنَّهَا لَدَيْهَا خَصَائِصُ مُمَيِّزَةٌ فِي التَّعْلِيمِ. الْهَدَفُ الْمُشَارَكَ هُوَ تَحْسِينُ الْجِيلِ الْقَادِمِ لِيَكُونَ أَفْضَلَ مِنْ وَالِدَيْهِمْ. يَعْتَمِدُ تَشْكِيلُ الشَّخْصِيَّةِ عَلَى الْعَزِيمَةِ فِي تَطْبِيقِ الْعَقِيدَةِ، وَالْعِبَادَةِ، وَتَطْبِيقِ السُّلوكِ الْمُتَّسِقِ. تَطْبِيقُهُ وَاضِحٌ، مَعَ أَهْدَافٍ، وَمُحْتَوًى، وَاسْتِرَاتِيجِيَّاتٍ وَاضِحَةٍ، لِأَنَّ ٦٠-٨٠٪، خَاصَّةً فِي فَتْرَةِ الطُّفُولَةِ الذَّهَبِيَّةِ حَيْثُ يَكُونُ تَأْثِيرُ الْوَالِدَيْنِ كَبِيرًا.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pendidikan islam; kepribadia muslim anak; keluarga; |
Subjects: | Education, Research Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dede Siska Amaliyah |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 05:35 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 05:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |