Peningkatan literasi sains siswa melalui model Contextual Taeching and Learning (CTL) berbantu media Trello pada materi sistem pencernaan

Kaniasari, Piena (2025) Peningkatan literasi sains siswa melalui model Contextual Taeching and Learning (CTL) berbantu media Trello pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI WATERMARK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Di era revolusi industri 4.0, pendidikan di Indonesia berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa untuk mengembangkan keterampilan abad 21 yang dikenal sebagai 4C, di mana literasi sains menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki agar siswa mampu menerapkan ilmu sains dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan literasi sains siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu trello pada materi sistem pencernaan. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group dan teknik purposive sampling sebagai cara pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model CTL memperoleh nilai persentase sebesar 92,5% pada aktivitas guru dan 82% pada aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan literasi sains di kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,78 (tinggi), sedangkan kelas kontrol 0,66 (sedang). Uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh kriteria baik dengan persentase 77%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berbantu trello dapat meningkatkan keterampilan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning; Sistem Pencernaan; Literasi Sains; CTL; Trello
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Piena Kaniasari
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:41
Last Modified: 07 Oct 2025 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122828

Actions (login required)

View Item View Item