Kaniasari, Piena (2025) Peningkatan literasi sains siswa melalui model Contextual Taeching and Learning (CTL) berbantu media Trello pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (753kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI WATERMARK.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (111kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Di era revolusi industri 4.0, pendidikan di Indonesia berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa untuk mengembangkan keterampilan abad 21 yang dikenal sebagai 4C, di mana literasi sains menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki agar siswa mampu menerapkan ilmu sains dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan literasi sains siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu trello pada materi sistem pencernaan. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group dan teknik purposive sampling sebagai cara pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model CTL memperoleh nilai persentase sebesar 92,5% pada aktivitas guru dan 82% pada aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan literasi sains di kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,78 (tinggi), sedangkan kelas kontrol 0,66 (sedang). Uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh kriteria baik dengan persentase 77%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berbantu trello dapat meningkatkan keterampilan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching Learning; Sistem Pencernaan; Literasi Sains; CTL; Trello |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Human Anatomy, Cytology, Histology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Piena Kaniasari |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:41 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 01:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |