Penerapan model Self Organized Learning Environment berbasis Information and Technology untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi

Nugraha, Dwi Apriyadi (2025) Penerapan model Self Organized Learning Environment berbasis Information and Technology untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN (4).pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN FULL (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik Indonesia,khususnya dalam fisika, yang tercermin dari hasil survei PISA. Masalah ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang berfokus pada hafalan dan kurangnya latihan soal yang mendorong pemikiran kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment pada 66 siswa kelas XI, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran Self-Organized Learning Environment (SOLE) berbantuan ICT pada materi usaha dan energi, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Metode pengumpulan data meliputi observasi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan soal uji keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis (uji normalitas, homogenitas, dan T-test) serta perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model SOLE berjalan sangat baik, dengan persentase rata-rata keterlaksanaan guru sebesar 94% dan siswa 88%. Uji T-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Hal ini diperkuat oleh selisih nilai rata-rata posttest sebesar 24 dan selisih N-gain sebesar 0,34, yang menunjukkan bahwa model SOLE berbantuan ICT efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SOLE; ICT; P5; Keterampilan Berpikir Kritis; Usaha dan Energi; Merdeka Belajar
Subjects: Education
Physics
Classical Mechanics, Solid Mechanics > Energy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dwi Apriyadi Nugraha
Date Deposited: 13 Oct 2025 01:36
Last Modified: 13 Oct 2025 03:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123177

Actions (login required)

View Item View Item