Sabila, Ujang Arribat (2025) Pengaruh metode pembelajaran TANDUR untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Cicaheum. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (SK PLAGIARISME)
3_Plagiarisme.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI)
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran IPS di sekolah dasar masih didominasi oleh metode pembelajaran ekspositori yang cenderung bersifat teacher-centered, khususnya di SD Muhammadiyah Cicaheum dimana proses pembelajaran IPS di kelas IV masih menggunakan metode ceramah dan penugasan yang monoton. Kondisi ini berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang tercermin dari kurangnya kemampuan siswa dalam menghasilkan ide-ide baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran TANDUR terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPS di kelas eksperimen, mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode TANDUR dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, serta mengeksplorasi apakah penggunaan metode pembelajaran TANDUR tidak hanya mempengaruhi berpikir kreatif siswa tetapi juga meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan berpikir kreatif belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran TANDUR dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran TANDUR memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS, dibuktikan dengan peningkatan rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif siswa dari 55 pada pretest menjadi 75 pada posttest. Sebaliknya, penerapan metode pembelajaran ekspositori menunjukkan pengaruh yang terbatas dengan peningkatan rata-rata skor dari 70 pada pretest menjadi 76 pada posttest., Uji Independent Samples T-Test pada data posttest menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dengan t = -5,986, diperkuat oleh uji Mann Whitney U yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dengan Z = -4,821. Penelitian ini membuktikan bahwa metode TANDUR lebih efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV pada pembelajaran dibandingkan dengan metode ekspositori yang bersifat teacher-centered.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran TANDUR; Berpikir Kreatif Siswa; IPAS. |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ujang Aribat Sabila |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 07:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |