Hubungan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama islam dengan kedisiplinan, akhlak, dan tanggung jawab siswa di sekolah: Penelitian di SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Kota Bandung

Kusuma, Deni Tata (2025) Hubungan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama islam dengan kedisiplinan, akhlak, dan tanggung jawab siswa di sekolah: Penelitian di SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
1_cover.pdf

Download (513kB)
[img] Text
2_abstrak.pdf

Download (382kB)
[img] Text
3_skbebasplagiarisem.PDF

Download (332kB)
[img] Text
4_daftarisi.pdf

Download (226kB)
[img] Text
5_bab1.pdf

Download (867kB)
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya sikap siswa yang semakin menyimpang dari nilai-nilai Islam. Fenomena tersebut tercermin dalam berbagai perilaku negatif, seperti membolos sekolah, kurangnya pemanfaatan waktu belajar, kebiasaan bergadang, keterlibatan dalam geng motor, lemahnya sikap jujur dan sabar, munculnya rasa pesimis atau rendah diri, serta kurangnya rasa hormat terhadap guru dan sesama teman. Padahal guru PAI sudah menunaikan tugas dengan baik dan sesuai peraturan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji tingkat hubungan antara kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dengan kedisiplinan, akhlak, dan tanggung jawab siswa di SMA Negeri 1, 3, dan 4 Kota Bandung. Penelitian ini berangkat dari kerangka berpikir menurut Siswoyo, Moenir, Muhammad Sarbini, dan Yaumi bahwa kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam menentukan pembentukan kedisiplinan, akhlak, dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif, observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan survei. Penelitian melibatkan 120 responden yang dipilih menggunakan teknik proporsional dan acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen kuesioner menggunakan Google Form. Data dianalisis menggunakan korelasi sederhana, sedangkan uji reliabilitas dilakukan melalui analisis korelasi sederhana, korelasi parsial, dan regresi jamak. Hasil penelitian di SMA Negeri 1, 3, dan 4 Kota Bandung menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berhubungan positif dan signifikan dengan kedisiplinan, akhlak siswa di sekolah, dan tanggung jawab siswa. Semakin baik guru mengaplikasikan kompetensi kepribadiannya, semakin tinggi kedisiplinan, akhlak siswa di sekolah, dan tanggung jawab siswa. Namun, hubungan ini bervariasi antar sekolah, SMA Negeri 3 menunjukkan hubungan yang paling kuat. Selain itu, faktor eksternal seperti lingkungan sosial dan budaya sekolah juga memainkan peran penting dalam mempengaruhi perilaku siswa. Oleh karena itu, pengembangan kompetensi guru harus diimbangi dengan menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung untuk membentuk karakter siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; kepribadian guru; disiplin; moral; dan tanggung jawab
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Deni Tata Kusuma
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:12
Last Modified: 17 Oct 2025 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123534

Actions (login required)

View Item View Item