Pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah, budaya dan keteladanan Guru madrasah terhadap Kepribadian OCEAN siswa

Marlina, Yuli (2025) Pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah, budaya dan keteladanan Guru madrasah terhadap Kepribadian OCEAN siswa. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover_Yuli.pdf

Download (166kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK_Yuli.pdf

Download (361kB)
[img] Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
plagiasi (3).pdf

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI_Yuli.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB I)
4_BAB 1_Yuli.pdf

Download (470kB)
[img] Text (BAB II)
5_BAB II_Yuli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III_Yuli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV_Yuli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V_Yuli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Kepribadian siswa memiliki peran penting dalam pendidikan karena berdampak langsung terhadap perkembangan psikologis, sosial, dan akademik mereka. Dimensi OCEAN—Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism—merupakan pendekatan komprehensif dalam mengkaji karakter individu. Dalam konteks Madrasah Aliyah Negeri (MAN), faktor lingkungan seperti kepemimpinan kepala madrasah, budaya madrasah, dan keteladanan guru diyakini berkontribusi dalam pembentukan kepribadian siswa. Penelitian ini mengisi kekosongan studi empiris mengenai pengaruh simultan ketiga faktor institusional tersebut terhadap kepribadian OCEAN siswa. Kebaruan studi ini terletak pada integrasi teori kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan keteladanan guru dalam satu model prediktif dalam pendidikan Islam. Tujuannya adalah menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala madrasah, budaya madrasah, dan keteladanan guru terhadap lima dimensi kepribadian OCEAN siswa MAN. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan regresi linier berganda. Data diperoleh melalui kuesioner kepada siswa dan guru, berdasarkan indikator teoritis dari masing-masing variabel. Kerangka teori meliputi teori kepemimpinan transformasional (Burns & Bass), budaya organisasi (Schein), dan keteladanan guru (Dewey). Hasil menunjukkan kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh signifikan terhadap Openness (β = 0,301; sig. 0,000) dan Conscientiousness (β = 0,356; sig. 0,000). Budaya madrasah berpengaruh terhadap Agreeableness (β = 0,355; sig. 0,000) dan Extraversion (β = 0,324; sig. 0,000), sementara keteladanan guru meningkatkan Extraversion (β = 0,336; sig. 0,000) dan menurunkan Neuroticism (β = -0,229; sig. 0,000). Ketiga faktor ini secara bersama-sama menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan kepribadian siswa secara seimbang. Penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan transformatif, budaya madrasah yang positif, dan keteladanan guru merupakan fondasi penting dalam pengembangan kepribadian siswa secara holistik, serta memberikan kontribusi praktis bagi peningkatan mutu pendidikan madrasah. ARAB : تَلْعَبُ شَخْصِيَّةُ ٱلطَّالِبِ دَوْرًا أَسَاسِيًّا فِي ٱلتَّعْلِيمِ لِأَنَّهَا تُؤَثِّرُ مُبَاشَرَةً فِي تَطَوُّرِهِ ٱلنَّفْسِيِّ وَٱلِٱجْتِمَاعِيِّ وَٱلْأَكَادِيمِيِّ. تُعْتَبَرُ أَبْعَادُ OCEAN — ٱلِٱنْفِتَاحُ، وَٱلضَّمِيرُ، وَٱلِٱنْبِسَاطُ، وَٱلْمُوَافَقَةُ، وَٱلْعُصَابِيَّةُ — إِطَارًا شَامِلًا لِتَحْلِيلِ ٱلشَّخْصِيَّةِ ٱلْفَرْدِيَّةِ. فِي سِيَاقِ مَدَارِسِ مَدْرَسَةٍ عَلْيَا دِينِيَّةٍ (MAN)، يُعْتَقَدُ أَنَّ عَوَامِلَ بِيئِيَّةً مِثْلَ قِيَادَةِ ٱلْمُدِيرِ، وَثَقَافَةِ ٱلْمَدْرَسَةِ، وَقُدْوَةِ ٱلْمُعَلِّمِ تُسَاهِمُ بِشَكْلٍ كَبِيرٍ فِي تَشْكِيلِ شَخْصِيَّةِ ٱلطُّلَّابِ. تَسُدُّ هٰذِهِ ٱلدِّرَاسَةُ فَجْوَةً فِي ٱلْبُحُوثِ ٱلتَّطْبِيقِيَّةِ عَنْ تَأْثِيرِ هٰذِهِ ٱلْعَوَامِلِ ٱلثَّلَاثَةِ بِشَكْلٍ مُتَزَامِنٍ عَلَى أَبْعَادِ OCEAN. وَتَكْمُنُ ٱلْجِدَّةُ فِي دَمْجِ نَظَرِيَّةِ ٱلْقِيَادَةِ ٱلتَّحْوِيلِيَّةِ، وَنَظَرِيَّةِ ٱلثَّقَافَةِ ٱلتَّنْظِيمِيَّةِ، وَقُدْوَةِ ٱلْمُعَلِّمِ فِي نَمُوذَجٍ تَنَبُّئِيٍّ وَاحِدٍ فِي سِيَاقِ ٱلتَّعْلِيمِ ٱلْإِسْلَامِيِّ. وَتَكْمُنُ ٱلْغَايَةُ فِي تَحْلِيلِ أَثَرِ قِيَادَةِ ٱلْمُدِيرِ، وَثَقَافَةِ ٱلْمَدْرَسَةِ، وَقُدْوَةِ ٱلْمُعَلِّمِ عَلَى أَبْعَادِ OCEAN ٱلْخَمْسَةِ لَدَى طُلَّابِ MAN. ٱتُّبِعَ نَهْجٌ كَمِّيٌّ وَتَحْلِيلُ ٱلِٱنْحِدَارِ ٱلْخَطِّيِّ ٱلْمُتَعَدِّدِ، وَتَمَّ جَمْعُ ٱلْبَيَانَاتِ عَنْ طَرِيقِ ٱسْتِبْيَانَاتٍ لِلطُّلَّابِ وَٱلْمُعَلِّمِينَ، وَذٰلِكَ وَفْقًا لِمُؤَشِّرَاتٍ نَظَرِيَّةٍ. وَأَظْهَرَتِ ٱلنَّتَائِجُ أَنَّ قِيَادَةَ ٱلْمُدِيرِ تُؤَثِّرُ عَلَى ٱلِٱنْفِتَاحِ (β = ٠٫٣٠١؛ sig. ٠٫٠٠٠) وَٱلضَّمِيرِ (β = ٠٫٣٥٦؛ sig. ٠٫٠٠٠)، وَأَنَّ ثَقَافَةَ ٱلْمَدْرَسَةِ تُؤَثِّرُ عَلَى ٱلْمُوَافَقَةِ (β = ٠٫٣٥٥؛ sig. ٠٫٠٠٠) وَٱلِٱنْبِسَاطِ (β = ٠٫٣٢٤؛ sig. ٠٫٠٠٠)، وَقُدْوَةُ ٱلْمُعَلِّمِ تَزِيدُ ٱلِٱنْبِسَاطَ (β = ٠٫٣٣٦؛ sig. ٠٫٠٠٠) وَتُقَلِّلُ ٱلْعُصَابِيَّةَ (β = -٠٫٢٢٩؛ sig. ٠٫٠٠٠). تَتَكَامَلُ هٰذِهِ ٱلْعَوَامِلُ فِي بِنَاءِ بِيئَةٍ تَعْلِيمِيَّةٍ تَدْعَمُ نُمُوَّ ٱلشَّخْصِيَّةِ بِشَكْلٍ مُتَوَازِنٍ. وَتُؤَكِّدُ ٱلدِّرَاسَةُ أَنَّ ٱلْقِيَادَةَ ٱلتَّحْوِيلِيَّةَ، وَثَقَافَةَ ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلْإِيجَابِيَّةَ، وَقُدْوَةَ ٱلْمُعَلِّمِ تُشَكِّلُ أُسُسًا رَئِيسِيَّةً لِتَنْمِيَةِ ٱلشَّخْصِيَّةِ ٱلطُّلَّابِيَّةِ ٱلشَّامِلَةِ، وَتُقَدِّمُ دَعْمًا تَطْبِيقِيًّا لِتَحْسِينِ جَوْدَةِ ٱلتَّعْلِيمِ فِي ٱلْمَدَارِسِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ ENGLISH : Student personality plays a critical role in education as it directly affects their psychological, social, and academic development. The OCEAN dimensions—Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, and Neuroticism—offer a comprehensive framework for analyzing individual character. In the context of Madrasah Aliyah Negeri (MAN), environmental factors such as principal leadership, school culture, and teacher role modeling are believed to significantly contribute to shaping student personality. This study addresses a gap in empirical research by examining the simultaneous influence of these three institutional factors on students' OCEAN traits. The novelty lies in integrating transformational leadership theory, organizational culture, and teacher role modeling into a single predictive model within the scope of Islamic education. The objective is to analyze the impact of principal leadership, school culture, and teacher role modeling on the five OCEAN dimensions of MAN students. This quantitative study employed multiple linear regression analysis, with data collected via questionnaires administered to students and teachers, based on theoretical indicators for each variable. The theoretical framework includes Transformational Leadership Theory (Burns & Bass), Organizational Culture Theory (Schein), and Teacher Role Modeling Theory (Dewey). Results revealed that principal leadership significantly affects Openness (β = 0.301; sig. 0.000) and Conscientiousness (β = 0.356; sig. 0.000); school culture influences Agreeableness (β = 0.355; sig. 0.000) and Extraversion (β = 0.324; sig. 0.000); and teacher role modeling enhances Extraversion (β = 0.336; sig. 0.000) while reducing Neuroticism (β = -0.229; sig. 0.000). Together, these factors foster a learning environment conducive to balanced personality development. The study underscores that transformative leadership, a positive school culture, and exemplary teacher behavior are foundational for holistic student personality growth and offer practical implications for improving madrasah education quality.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian OCEAN; Kepemimpinan Kepala Madrasah; Budaya Madrasah; Keteladanan Guru; Pendidikan Holistik
Subjects: Customs of People > Organization and Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yuli Marlina
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:33
Last Modified: 17 Oct 2025 07:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123555

Actions (login required)

View Item View Item