Syafaresti, Anggun (2018) Penerapan pembelajaran PLGI (Peer Led Guided Inquiry) untuk mengembangkan literasi kimia pada konsep larutan penyangga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran PLGI untuk mengembangkan literasi kimia pada konsep larutan penyangga. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain penelitian one-shot case study kepada 35 siswa kelas XI IPA 4. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa selama pembelajaran, penyelesaian siswa pada Lembar Kerja Siswa (LKS) pada setiap tahapan pembelajaran PLGI, serta kemampuan literasi kimia siswa setelah pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada aktivitas siswa selama pembelajaran PLGI yaitu rata-rata 97%, dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil yang didapat pada penyelesaian LKS pada setiap tahapan pembelajaran PLGI yaitu rata-rata 94 dan dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata tertinggi 100 pada tahap merumuskan hipotesis, dan nilai terendah 80 pada tahap membuat kesimpulan. Nilai rata-rata kemampuan literasi kimia 73 dikategorikan baik. Hasil ini diperoleh karena pembelajaran PLGI membuat siswa aktif menggali informasi dari tutor sebaya, sehingga dapat mengembangkan literasi kimia. Dengan demikian pembelajaran PLGI ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan literasi kimia pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Kimia; Pembelajaran PLGI; Larutan Penyangga |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Anggun Syafaresti |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 01:46 |
Last Modified: | 08 Aug 2018 01:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12383 |
Actions (login required)
View Item |