Pengaruh media lacing number terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini: Penelitian quasi eksperimen di kelompok A RA Al-Fath Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung

Masyitah, Dewi (2025) Pengaruh media lacing number terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini: Penelitian quasi eksperimen di kelompok A RA Al-Fath Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya kemampuan mengenal angka anak usia dini dikelompok A RA Al Fath Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Hal ini dibuktikan dengan Sebagian besar anak masih kesulitan dalam mengenal simbol angka. Selama ini di RA Al Fath Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, guru hanya menggunakan papan tulis dalam mengenalkan angka, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran belum bervariasi sehingga akibatnya kemampuan mengenal angka anak usia dini belum optimal. Peneliti berinisiatif menggunakan media lacing number untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan mengenal angka anak usia dini sebelum menggunakan media lacing number di kelomppok A RA Al Fath Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung; (2) kemampuan megenal angka anak usia dini setelah menggunakan media lacing number di kelompok A RA Al Fath Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung; dan (3) pengaruh media lacing number terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini dikelompok A RA Al Fath Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Media lacing number adalah media yang kreatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak yang dibuat dari bahan yang aman bagi anak. Media lacing number ini berperan sebagai alat bantu untuk menjelaskan pesan pebelajaran terutama dalam kemampuan mengenal angka dengan lebih jelas/konkret. Kelebihan dari media lacing number ini adalah dapat membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan semangat belajar serta menambah kemampuan pengetahuan mengenai simbol angka. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest. Responden dalam penelitian ini yaitu 12 anak. Penentuan sampel menggunakan sampel jenuh, artinya jumlah sampel dilakukan dengan menetapan seluruh populasi sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan uji instrument terlebih dahulu yaitu validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji parsial item per indikator, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan mengenal angka anak sebelum menggunakan media lacing number diperoleh nilai rata-raa pretest sebesar 60 yang berada pada kategori cukup. Setelah menggunakan media lacing number, nilai rata-rata posttest sebesar 72 yang berada pada kategori baik. Hasil uji t menunjukkan thitung> ttabel dengan nilai 4,27 > 1,79, sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh media lacing number terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini di kelompok A RA Al Fath Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dewi Masyitah
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:21
Last Modified: 11 Nov 2025 03:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/124822

Actions (login required)

View Item View Item