Pengaruh penerapan model Game-Based Learning Jeopardy terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi-experiment terhadap siswa kelas XI SMAN 24 Kota Bandung

Raihan, Nurfani (2025) Pengaruh penerapan model Game-Based Learning Jeopardy terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi-experiment terhadap siswa kelas XI SMAN 24 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bebas Plagiarisme .pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pendahuluan penelitian ditemukan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti masih rendah. Kondisi ini ditandai dengan kurangnya perhatian, rendahnya keaktifan bertanya maupun menjawab, serta kecenderungan siswa bersikap pasif dan tidak antusias. Faktor lingkungan, peran guru, dan karakteristik siswa turut memengaruhi, sementara pembelajaran yang monoton dengan model ceramah dan tanya jawab membuat siswa cepat jenuh sehingga minat belajar tidak berkembang secara optimal. Tujuan penelitian yakni: 1) Mendeskripsikan penerapan model game-based learning Jeopardy dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas XI SMAN 24 Kota Bandung; 2) Mengetahui minat belajar siswa setelah penerapan model game-based learning Jeopardy dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti; 3) Mengetahui pengaruh penerapan model game-based learning Jeopardy terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas XI SMAN 24 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model pembelajaran game- based learning Jeopardy diasumsikan sebagai model yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, hipotetis yang diajukan adalah penerapan model game-based learning Jeopardy berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas XI SMAN 24 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment desain non-equivalent control group. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, uji N-Gain, serta uji independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh penerapan model game-based learning Jeopardy terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model game-based learning Jeopardy pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memperoleh skor rata-rata 4,53 dengan kategori sangat baik, menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran yang optimal; 2) Minat belajar siswa setelah penerapan model game-based learning Jeopardy berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 80,65, menunjukkan antusiasme, partisipasi, dan perhatian yang meningkat sehingga model ini efektif sebagai alternatif strategi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; 3) Model game-based learning Jeopardy berpengaruh sedang terhadap minat belajar siswa dengan N-Gain 0,55, diperkuat hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol (p=0,009).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game based learning; Jeopardy; Minat Belajar Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurfani Raihan
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:10
Last Modified: 10 Nov 2025 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125276

Actions (login required)

View Item View Item