Djati, Bagas Prawiro (2025) Strategi marketing public relations brand Mills: Studi deskriptif kualitatif pada PT. Mitra Kreasi Garmen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISME)
Surat Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustakaa.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Marketing Public Relations adalah alat bagi sebuah perusahaan untuk menciptakan strategi komunikasi pemasaran efisien dan efektif. Marketing Public Relations berkembang seiring kemajuan teknologi komunikasi dan diterapkan pada berbagai macam perusahaan, termasuk brand Mills. Persaingan setiap brand di sektor manapun sangat membutuhkan aspek pemasaran baik konvensional maupun non- konvensional. Setiap brand dituntut untuk memiliki kreatifitas dan inovasi melebihi para pesaing di pasarnya masing-masing di dalam persaingan yang ketat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Marketing Public Relations pada brand Mills yang bergerak di industri apparel olahraga, melalui konsep Integrated Marketing Communication yang dipopulerkan oleh Don Schultz. Konsep ini terdiri dari lima strategi yaitu Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Public Relations, dan Direct Marketing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan data secara terperinci, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi parsitipatori pasif dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengelolaan data, membaca data, kategorisasi data, mendeskripsikan, dan menyajikan interpretasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Mills sebagai brand yang bergerak di industri apparel olahraga, melakukan strategi Marketing Public Relations dengan konsep Integrated Marketing Communication melalui lima Strategi yang digunakan meliputi: (1) Advertising berfokus pada pemanfaatan media sosial dan kolaborasi dengan brand ambassador dan key opinion leader,(2) Personal selling melalui grooming dan product knowledge, (3) Sales Promotion berfokus pada promo untuk berbagai saluran penjualan, (4) Public Relations berfokus pada brand activation, (5)Direct Marketing berfokus pada media sosial interaktif dan membership untuk meningkatkan brand awareness. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi marketing public relations dari Mills memiliki peran krusial dalam mendukung pencapaian tujuan bisnis perusahaan dan telah mengimplementasikan konsep Integrated Marketing Communication secara efektif. Rekomendasi yang diberikan yaitu melakukan kegiatan direct and digital marketing agar melengkapi promotion tools sesuai dengan konsep integrated marketing communication yang dipopulerkan oleh Don Schultz dan lebih maksimal dalam mengelola kontennya melalui pemanfaatan media sosial, khususnya dengan memperbanyak materi informatif seputar produk yang ditawarkan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Marketing Public Relations; Integrated Marketing Communication; Apparel Olahraga; Brand Mills |
| Subjects: | Communications Telemunications Communications Telemunications > Wireless Communications |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
| Depositing User: | Bagas Prawiro Djati |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 07:19 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 07:19 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



