Strategi marketing humas Dreezel Coffee dalam upaya mempertahankan pelanggan ditengah persaingan bisnis

Al'ridho, Muhammad Raka (2024) Strategi marketing humas Dreezel Coffee dalam upaya mempertahankan pelanggan ditengah persaingan bisnis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_keterangan bebas plagiarism.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB) | Request a copy

Abstract

Dalam era digital dan persaingan bisnis yang semakin ketat, peran komunikasi pemasaran, termasuk humas, sangat penting untuk membangun citra merek, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Bisnis food and beverage, khususnya kedai kopi, berkembang pesat seiring tren gaya hidup masyarakat yang menjadikan kopi sebagai bagian dari aktivitas sosial. Dreezel Coffee, sebagai salah satu kedai kopi di Bandung, menggunakan berbagai metode pemasaran, baik konvensional maupun melalui media sosial, untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi marketing yang diterapkan oleh Dreezel Coffee dalam upaya untuk mempertahankan bisnis. Fokus utama penelitian ini adalah pada pengelolaan hubungan dan komunikasi yang efektif dengan pelanggan. Strategi ini lebih menekankan pada aspek hubungan masyarakat dan membangun citra positif daripada hanya sekadar promosi produk. Penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Communication Theory. Teori ini mencakup 4 elemen yakni: 1) Event; 2) Direct Marketing; 3) Interactive Marketing; dan 4) Personal Selling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskripsi kata-kata serta pendapat dari para informan yang terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dreezel Coffee menerapkan beberapa strategi pemasaran yang fokus pada membangun hubungan dan keterlibatan pelanggan dengan cara yang sangat personal dan emosional. Mereka menggunakan event sebagai alat utama untuk memperkuat ikatan dengan pelanggan setia, dengan melibatkan komunitas lokal dan menyediakan kegiatan yang sesuai dengan minat mereka. Selain itu, Dreezel Coffee memanfaatkan Instagram untuk interaksi yang lebih pribadi dan mengandalkan promosi dari mulut ke mulut serta konten yang dibuat oleh pelanggan (user-generated content).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Humas; Bisnis; Marketing
Subjects: Ethics of Recreation, Public Performances, Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Raka Al’Ridho
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:35
Last Modified: 11 Nov 2025 07:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125398

Actions (login required)

View Item View Item