Pengaruh endorsement dan viral marketing pada pengguna media sosial tiktok pada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021-2024

Erni, Nisa Nur (2025) Pengaruh endorsement dan viral marketing pada pengguna media sosial tiktok pada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021-2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME (1).pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (16).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital, khususnya media sosial, telah mengubah pola komunikasi dan perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. TikTok menjadi salah satu platform yang memiliki tingkat penggunaan tinggi di Indonesia serta berpotensi besar mempengaruhi minat beli melalui berbagai strategi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Endorsement dan Viral marketing terhadap Minat Beli pengguna media sosial TikTok pada mahasiswa Program Studi Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2021–2024. Selain itu, tujuan penelitian untuk menguji pengaruh kedua variabel tersebut baik secara parsial maupun simultan dalam meningkatkan minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif verifikatif, dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 92 responden yang dipilih menggunakan proportional stratified random sampling dan judgement sampling. Uji hipotesis dilakukan melalui uji t dan uji F dengan menggunakan SPSS v31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan endorsement dan viral marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli pengguna TikTok. Hal tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis pada uji-t (parsial), Endorsement (t =4,604; p = 0,001), Viral marketing (t = 6,543; p = 0,001) membuktikan bahwa endorsement dan viral marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Dan berdasarkan uji F (F = 58,546; p = 0,001) membuktikan bahwa Endorsement dan Viral marketing bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran digital melalui Endorsement dan Viral marketing memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan minat beli, khususnya di kalangan generasi muda pengguna aktif TikTok pada mahasiswa Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021–2024. Dengan demikian, strategi pemasaran digital melalui Endorsement dan Viral marketing dinilai efektif dalam meningkatkan minat beli terutama pada kelompok generasi muda pengguna aktif media sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: endorsement; viral marketing; minat beli; media sosial tiktok
Subjects: Econmics > Economists
Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nur Erni
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:39
Last Modified: 04 Dec 2025 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126263

Actions (login required)

View Item View Item