Erni, Nisa Nur (2025) Pengaruh endorsement dan viral marketing pada pengguna media sosial tiktok pada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021-2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME (1).pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (16).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital, khususnya media sosial, telah mengubah pola komunikasi dan perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. TikTok menjadi salah satu platform yang memiliki tingkat penggunaan tinggi di Indonesia serta berpotensi besar mempengaruhi minat beli melalui berbagai strategi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Endorsement dan Viral marketing terhadap Minat Beli pengguna media sosial TikTok pada mahasiswa Program Studi Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2021–2024. Selain itu, tujuan penelitian untuk menguji pengaruh kedua variabel tersebut baik secara parsial maupun simultan dalam meningkatkan minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif verifikatif, dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 92 responden yang dipilih menggunakan proportional stratified random sampling dan judgement sampling. Uji hipotesis dilakukan melalui uji t dan uji F dengan menggunakan SPSS v31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan endorsement dan viral marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli pengguna TikTok. Hal tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis pada uji-t (parsial), Endorsement (t =4,604; p = 0,001), Viral marketing (t = 6,543; p = 0,001) membuktikan bahwa endorsement dan viral marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Dan berdasarkan uji F (F = 58,546; p = 0,001) membuktikan bahwa Endorsement dan Viral marketing bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran digital melalui Endorsement dan Viral marketing memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan minat beli, khususnya di kalangan generasi muda pengguna aktif TikTok pada mahasiswa Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021–2024. Dengan demikian, strategi pemasaran digital melalui Endorsement dan Viral marketing dinilai efektif dalam meningkatkan minat beli terutama pada kelompok generasi muda pengguna aktif media sosial.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | endorsement; viral marketing; minat beli; media sosial tiktok |
| Subjects: | Econmics > Economists Administration of Economy |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
| Depositing User: | Nur Erni |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:39 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:39 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



