Penerapan metode pembelajaran Poster Comment untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa VII SMP Plus Nurul Islam Kabupaten Indramayu

Adil, Mohammad (2025) Penerapan metode pembelajaran Poster Comment untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa VII SMP Plus Nurul Islam Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER 123.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
02_Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI (2).pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
04_Daftar Isi.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB I)
05_Bab I.pdf

Download (421kB)
[img] Text (BAB II)
06_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB III)
07_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB IV)
08_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text (BAB V)
09_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih dominannya metode pembelajaran tradisional yang monoton, sehingga berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Metode Poster Comment dipilih sebagai alternatif karena berfokus pada keterlibatan siswa, mendorong berpikir kritis, dan penggalian informasi melalui diskusi kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih sebelum diterapkannya Metode Pembelajaran Poster Comment di kelas VII SMP Plus Nurul Islam Indramayu; (2) Penerapan Metode Pembelajaran Poster Comment mata pelajaran Fikih di kelas VII SMP Plus Nurul Islam Indramayu; (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih setelah diterapkannya Metode Pembelajaran Poster Comment di kelas VII SMP Plus Nurul Islam Indramayu. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa penggunaan metode Poster Comment dalam pembelajaran Fikih dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode Poster Comment secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Poster Comment dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Analisis data dilakukan dengan uji independent t-test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih sebelum menerapkan metode Pembelajaran Poster Comment di kelas VII SMP Plus Nurul Islam Indramayu diperoleh skor 70,8. Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil tes awal (pre-test), namun setelah diuji homogenitas, kedua kelas tersebut homogen; (2) Penerapan metode Poster Comment terlaksana dengan baik dengan rata-rata keterlaksanaan 89%; (3) Hasil berlajar siswa pada mata pelajaran Fikih setelah menerapkan metode pembelajaran Poster Comment diperoleh Skor 84,44. Terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (sig 0,01 < 0,05). Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen adalah 0,44 (kategori sedang) dan kelas kontrol 0,29 (kategori rendah). Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Poster Comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Fikih di SMP Plus Nurul Islam Indramayu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Poster Comement; Hasil Belajar; Pelajaran Fikih
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Adil
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:58
Last Modified: 12 Dec 2025 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126522

Actions (login required)

View Item View Item