Model pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, and Communicating) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis

Kamala, Himaayatul Luthfa (2025) Model pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, and Communicating) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
1_cover.pdf

Download (151kB)
[img] Text
2_abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (703kB)
[img] Text
4_daftarisi.pdf

Download (422kB)
[img] Text
5_bab1.pdf

Download (794kB)
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis masih perlu untuk ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, and Communicating). Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitiannya yaitu siswa MTs swasta di Bandung tahun ajaran 2025/2026 sebanyak lima kelas dan diambil dua kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dengan uji validitas tinggi dan reliabilitas sedang serta pengolahan data yang digunakan menggunakan uji t-independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model SIMAS ERIC lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat menetapkan batas waktu yang lebih terstruktur, memberikan pengarahan yang jelas untuk meminimalisir ketidaksiapan peserta didik, dan perluasan jenjang pendidikan sehingga dapat memberikan gambaran lain mengenai efektivitas model ini di berbagai tahapan perkembangan kognitif siswa serta penerapan terhadap kemampuan matematis lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis; model pembelajaran SIMAS ERIC; relasi dan fungsi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Himaayatul Luthfa Kamala
Date Deposited: 11 Dec 2025 04:23
Last Modified: 11 Dec 2025 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126577

Actions (login required)

View Item View Item