Model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik

Putri, Rahmatia Prihantiny (2025) Model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang belum optimal berdasarkan kajian jurnal dan didukung oleh studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu SMP di Cileunyi. Model Pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan model CMI, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik antara menggunakan model CMI dan model konvensional, (c) Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model CMI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Adapun sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel kelas IX-D dan IX-E di SMP Negeri 3 Cileunyi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument lembar observasi guru dan peserta didik, tes kemampuan pemahaman matematis, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (a) Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model CMI berada dalam kategori sangat baik (b) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada kelas yang menggunakan model CMI lebih baik daripada kelas yang menggunakan model konvensional, (c) Pembelajaran dengan model CMI mendapatkan respon positif dari peseta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis; Comprehensive Mathematics Instruction
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahmatia Prihantiny Putri
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:15
Last Modified: 12 Dec 2025 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126583

Actions (login required)

View Item View Item