Putri, Rahmatia Prihantiny (2025) Model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
|
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
||
|
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang belum optimal berdasarkan kajian jurnal dan didukung oleh studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu SMP di Cileunyi. Model Pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan model CMI, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik antara menggunakan model CMI dan model konvensional, (c) Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model CMI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Adapun sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel kelas IX-D dan IX-E di SMP Negeri 3 Cileunyi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument lembar observasi guru dan peserta didik, tes kemampuan pemahaman matematis, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (a) Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model CMI berada dalam kategori sangat baik (b) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada kelas yang menggunakan model CMI lebih baik daripada kelas yang menggunakan model konvensional, (c) Pembelajaran dengan model CMI mendapatkan respon positif dari peseta didik
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Matematis; Comprehensive Mathematics Instruction |
| Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Rahmatia Prihantiny Putri |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 03:15 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 03:15 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



