Muttaqin, Satria Anshar (2025) Penerapan Concrete Pictorial Abstract (CPA) melalui Deep Learning berbantuan Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self Regulated Learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (ABTRACT)
2_abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan Self Regulated Learning Siswa sekolah menengah pertama melalui penerapan model pembelajaran Concrete Pictorial Abstract (CPA) Melalui Deep Learning Berbantuan Augmented Reality (AR). Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain nonequevalent control group design. Penelitian ini adalah siswa kelas tujuh di MTS negeri di Kabupaten Garut dengan populasi sebanyak 6 kelas dan sampel sebanyak 6 kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman matematika dan non tes angket Self Regulated Learning Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis secara signifikan dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada eksperimen 2 dan Kontrol, Analisis pencapaian berdasarkan gender secara keseluruhan tidak menunjukan interaksi antara gender dengan model pembelajaran maupun kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Akan tetapi, model pembelajaran Concrete Pictorial Abstract (CPA), menunjukkan pengaruh positif terhadap Self Regulated Learning Siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran Concrete Pictorial Abstract (CPA) efektif dalam meningkatkan aspek kognitif dan afektif siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Concrete Pictorial Abstract (CPA); Self Regulated Learning |
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Satria Am |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:40 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:40 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



