Mutmainnah, Mutia (2025) Model pembelajaran Wondering, Exploring, Explaining (WEE) dengan bantuan aplikasi Classroomscreen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_sk bebas plagiarisme.pdf Download (890kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis penting dimiliki peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Namun, hasil kajian dan studi pendahuluan menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana sintaks proses pembelajaran model WEE berbantuan Classroomscreen, (2) apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui model WEE berbantuan Classroomscreen lebih baik dari pembelajaran konvensional, dan (3) respon peserta didik terhadap model WEE berbantuan Classroomscreen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design, dilaksanakan di sebuah Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Sukabumi dengan populasi dua kelas, yaitu VIII-A dan VIII-B, yang seluruhnya dijadikan sampel melalui teknik total sampling. Instrumen yang digunakan terdiri atas tes kemampuan berpikir kritis matematis dengan validitas tinggi dan reliabilitas tinggi, serta instrumen nontes berupa lembar observasi dan angket respons peserta didik. Data dianalisis menggunakan uji t-independent dan statistik deskriptif lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model WEE berbantuan Classroomscreen terlaksana dengan sangat baik, mampu menghasilkan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional, dan memperoleh respons positif dari peserta didik. Meskipun demikian, efektivitas model ini belum tentu memberikan hasil yang sama pada materi, jenjang, atau ranah kognitif yang berbeda sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk menguji konsistensinya pada konteks yang lebih luas.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis matematis; Classroomscreen; Model pembelajaran WEE |
| Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mutia Mutmainnah |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:14 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:14 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



