Penerapan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa

Maqiyah, Muna Fathatul (2025) Penerapan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
Sk Bebas Plagiarism.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III (6).pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self-confidence dalam belajar Matematika masih perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari hasil studi pendahuluan yang telah dilaksanakan disalah satu SMP Negeri yang berlokasi di Bandung. Salah satu alternatif solusinya adalah penerapan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad. penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis Siswa dan Self-confidence Siswa. penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan Desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas Kelas IX-E ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad,dan kelas XI-D sebagai kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan Siswa, lembar tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan lembar angket Self-confidence. Hasilnya menunjukkan bahwa Keterlaksanaan Proses pembelajaran guru dan Siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad pada aktivitasnya mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis Siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad lebih baik daripada Siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvesional. Siswa yang pembelajarannya menerapkan penerapan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad memberikan pengaruh Self-confidence yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Model Pembelajaran Jucama; Tinkercad; Self-confidence
Subjects: Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: muna fathatul maqiyah
Date Deposited: 16 Dec 2025 02:29
Last Modified: 16 Dec 2025 02:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126727

Actions (login required)

View Item View Item