Maqiyah, Muna Fathatul (2025) Penerapan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
Sk Bebas Plagiarism.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
||
|
Text
BAB III (6).pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self-confidence dalam belajar Matematika masih perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari hasil studi pendahuluan yang telah dilaksanakan disalah satu SMP Negeri yang berlokasi di Bandung. Salah satu alternatif solusinya adalah penerapan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad. penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis Siswa dan Self-confidence Siswa. penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan Desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas Kelas IX-E ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad,dan kelas XI-D sebagai kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan Siswa, lembar tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan lembar angket Self-confidence. Hasilnya menunjukkan bahwa Keterlaksanaan Proses pembelajaran guru dan Siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad pada aktivitasnya mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis Siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad lebih baik daripada Siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvesional. Siswa yang pembelajarannya menerapkan penerapan model pembelajaran Jucama berbantuan Tinkercad memberikan pengaruh Self-confidence yang signifikan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Model Pembelajaran Jucama; Tinkercad; Self-confidence |
| Subjects: | Applied mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | muna fathatul maqiyah |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:29 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:43 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



