Pengembangan media Pop-Up Book untuk meningkatkan literasi lingkungan pada materi pemanasan global

Supriadi, Salsabila Rheinata Rhamadani Putri (2025) Pengembangan media Pop-Up Book untuk meningkatkan literasi lingkungan pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_LEMBAR KEASLIAN)
3_lembarpernyataankeaslian.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi digital mendorong terciptanya media pembelajaran inovatif, salah satunya Pop-Up Book digital yang menyajikan materi secara interaktif. Namun, kemampuan literasi lingkungan peserta didik masih rendah akibat metode pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan, keterlaksanaan, dan peningkatan literasi lingkungan peserta didik setelah menggunakan Pop-Up Book digital pada materi pemanasan global. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-3 SMA Al-Bidayah Batujajar. Instrumen penelitian meliputi validasi ahli media, ahli materi, serta guru mata pelajaran, lembar observasi, dan tes literasi lingkungan. Analisis data menggunakan uji validitas Gregory, keterlaksanaan, N-Gain, dan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan Pop-Up Book digital sangat layak digunakan, dengan nilai validitas Gregory sebesar 1,00. Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 88,4% dari guru dan 83,3% dari peserta didik, dengan koefisien kesepakatan 0,74 dan 0,69. Peningkatan literasi lingkungan tergolong tinggi dengan rata-rata N-Gain 0,81. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi <0,001, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, Pop-Up Book digital terbukti efektif meningkatkan literasi lingkungan peserta didik pada materi pemanasan global.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pop-Up Book Digital; Literasi Lingkungan; Pemanasan Global; Pembelajaran Interaktif; Problem-Based Learning
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Salsabila Rheinata Rhamadani Putri
Date Deposited: 18 Dec 2025 07:36
Last Modified: 18 Dec 2025 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126831

Actions (login required)

View Item View Item