Fauzi, Achmad (2025) Implementasi pembelajaran PAI berbasis proyek dalam mengembangkan karakter mandiri dan keterampilan berpikir kritis: Penelitian di SMPN 8, SMPN 46 dan SMPN 50 Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (SK PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (764kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya karakter mandiri dan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PAI. Peserta didik bergantung pada orang lain, dan kesulitan menganalisis soal. Model pembelajaran PAI berbasis proyek merupakan salah satu upaya yang dapat mengembangkan karakter mandiri dan keterampilan berpikir kritis SMP. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis: (1) implementasi pembelajaran PAI berbasis proyek, (2) karakter mandiri, (3) keterampilan berpikir kritis, (4) pengaruh implementasi pembelajaran pai berbasis proyek terhadap penguatan karakter mandiri, (5) pengaruh implementasi pembelajaran PAI berbasis proyek terhadap penguatan keterampilan berpikir kritis, (6) implementasi pembelajaran pai berbasis proyek secara kualitatif memperluas dan memperdalam data kuantitatif, (7) karakter mandiri secara kualitatif memperluas dan memperdalam data kuantitatif, serta (8) keterampilan berpikir kritis secara kualitatif memperluas dan memperdalam data kuantitatif di SMPN 8, SMPN 46, dan SMPN 50 Kota Bandung. Kerangka berpikir penelitian ini menggunakan 3 (tiga) teori sebagai alat analisis dalam pemecahan masalah yaitu: grand theory pembelajaran berbasis proyek, middle theory karakter mandiri dan keterampilan berpikir kritis, applied theory implementasi pembelajaran PAI berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed methods research dengan model sequential explanatory design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran PAI berbasis proyek di SMPN 8, SMPN 46, dan SMPN 50 Kota Bandung memperoleh kualifikasi sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 81%, 2) Karakter mandiri peserta didik di ketiga sekolah memperoleh kualifikasi sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 82%, 3) Keterampilan berpikir kritis peserta didik di ketiga sekolah memperoleh kualifikasi sangat tinggi dengan rata-rata skor sebesar 84%, 4) Implementasi pembelajaran PAI berbasis proyek berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter mandiri peserta didik dengan pengaruh rata-rata sebesar 0,584 termasuk kategori cukup, 5) Implementasi pembelajaran PAI berbasis proyek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik didik dengan pengaruh rata-rata sebesar 0,561 termasuk kategori cukup, 6) Implementasi pembelajaran PAI berbasis proyek secara kualitatif memperluas dan memperdalam data kuantitatif, 7) Karakter mandiri peserta didik secara kualitatif memperluas dan memperdalam data, dan 8) Keterampilan berpikir kritis peserta didik secara kualitatif memperluas dan memperdalam data kuantitatif di SMPN 8, SMPN 46, dan SMPN 50 Kota Bandung.
| Item Type: | Thesis (Doktoral) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PAI Berbasis Proyek; Karakter Mandiri; Keterampilan Berpikir Kritis |
| Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
| Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Fauzi Achmad |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 06:46 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 06:46 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



