Penerapan Model Pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kalor

Tiara, Dwi (2015) Penerapan Model Pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak Dwi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan model pembelajaran ECIRR pada materi kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experiment. Penelitian dilakukan di kelas VII-C SMPN 1 Lemahsugih Kab.Majalengka dengan sampel dalam penelitian sebanyak 35 peserta didik. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data kemampuan literasi sains peserta didik diperoleh melalui tes uraian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran ECIRR berkategori sangat baik; (2) kemampuan literasi sains peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran ECIRR megalami peningkatan dengan diperoleh hasil thitung (25,93) > ttabel 5% (1,69). Besarnya peningkatan literasi sains peserta didik seluruh aspek dapat dilihat dari rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,60 berkategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kalor;model pembelajaran
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:04
Last Modified: 30 Aug 2018 04:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13147

Actions (login required)

View Item View Item