Juniawan, Rismawati (2018) Pembelajaran cooperative-meaningful intructional (c-mid) berbasis metakognitif dalam upaya meningkatkan kemampuan koneksi dan kegigihan matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen di MTsN 2 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text (BAB)
4_bab1.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Cooperative-Meaningful Design (C-MID) berbasis metakognitif terhadap pembelejaran konvensional dilihat dari peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonquivalent Pretest-Posttest Control. Data diperoleh melalui instrumen tes dan dan non tes. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil : (1) Gambaran aktivitas pada setiap pertemuan mengalami peningkatan, dimana siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol, (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneki matematis siswa kelas eksperimen yang memiliki kategori sedang dan siswa kelas control yang memiliki kategori rendah. Sehingga kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol, (3) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol, (4) Kesulitan siswa yaitu belum terbiasa dalam menyelesaikan soal koneksi matematis, (5) Terdapat peningkatan sikap kegigihan matematis siswa. Pembelajaran Cooperative-Meaningful Design (C-MID) berbasis metakognitif merupakan pembelajaran bermakna melalui proses interaksi dan tantangan, sehingga mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative-Meaningful Design (C-MID) Berbasis Metakognitif; Kemampuan Koneksi; dan Kegigihan Matematis Siswa |
Subjects: | Collections of General Statistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rismawati Juniawan Rismawati Juniawan |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 07:51 |
Last Modified: | 23 Oct 2018 07:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14242 |
Actions (login required)
View Item |