Fatimah, Siti (2018) Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Karakter Siswa:Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII MTs Miftahulfalah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerima pembelajaran model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan scaffolding terhadap 70 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen menggunakan desain quasi experiment berbentuk the nonequivalent pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan instrumen non-tes. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji t independent. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Pada setiap pertemuan aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan berjalan dengan baik dan terlaksana sesuai dengan aspek yang ada pada lembar observasi; (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model CUPs berbantuan scaffolding dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional; (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model CUPs berbantuan scaffolding dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional; (d) Hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis yang dilihat dari jawaban siswa adalah siswa kurang menguasai konsep pada materi segitiga, kurang teliti dalam memahami soal, dan kesalahan dalam menggambar, sehingga rata-rata siswa belum bisa menyelesaikan soal dengan tepat; (e) Secara umum siswa memiliki respon yang positif terhadap karakter teliti, kreatif, pantang menyerah, ingin tahu, kepemimpinan, saling menghargai, bekerjasama dan peduli.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Conceptual Understanding Procedures (CUPs); Scaffolding; Komunikasi Matematis; Karakter Siswa; |
Subjects: | Elementary Education > Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Fatimah |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 04:21 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 04:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14486 |
Actions (login required)
View Item |