Khoeriyah, Ni'matul (2018) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis melalui model pembelajaran problem based instruction. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based instruction terhadap 33 siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Pengolahan data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji T independent. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari setiap pertemuan baik yang menggunakan model pembelajaran problem based instruction maupun konvensional; (b) kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dan kelas control berada pada klasifikasi baik setelah perlakuan; (c) Hasil analisi gain menunjukan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based instruction lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (d) Kesulitan siswa dapat diminimalisisr dengan cara pemberian latihan soal non-rutin; (e) Siswa di kelas eksperimen maupun kelas control merespon positif terhadap model pembelajaran. Pembelajaran problem based instruction mampu membuat siswa mengontruksi pengetahuannya secara mandiri, berinteraksi social, melakukan penemuan baru, serta melakukan refleksi sehinggga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based instruction; berpikir kritis matematis |
Subjects: | Education, Research Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NIMATUL KHOERIYAH NIMAH |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 07:35 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 07:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14718 |
Actions (login required)
View Item |