Purnamasari, Sinta (2018) Peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis melalui metode Six Hats De Bono dan Self-Regulated Learning siswa: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjungsari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (502kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir lateral matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 1 Tanjungsari. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir lateral adalah dengan menerapkan metode Six Hats De Bono. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis antara yang menggunakan metode Six Hats De Bono dengan pembelajaran konvensional; (b) perbedaan pencapaian kemampuan berpikir lateral matematis antara yang menggunakan metode Six Hats De Bono dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) self-regulated learning siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode Six Hats De Bono; (d) hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir lateral matematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis antara yang menggunakan metode Six Hats De Bono dengan pembelajaran konvensional; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir lateral matematis antara yang menggunakan metode Six Hats De Bono dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) self-regulated learning siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode Six Hats De Bono; (d) kesulitan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara pemberian latihan soal non rutin. Kesimpulan: Metode Six Hats De Bono dapat memfasilitasi proses mengkontruksi pengetahuan, berinteraksi sosial, menggunakan media, penemuan, dan refleksi, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir lateral dan self-regulated learning siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Six Hats De Bono; Kemampuan Berpikir Lateral Matematis; Self-Regulated Learning |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics Applied mathematics > Statistical Mathematics Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sinta Purnamasari |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 07:32 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 07:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15075 |
Actions (login required)
View Item |