Linda, Piyur Nurma (2018) Pengaruh pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT (Teams games tournaments) dengan menggunakan media Flash Card terhadap hasil belajar pada materi sub sistem eksresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (61kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (9MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR IS1.pdf Download (9MB) |
|
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf Download (31MB) |
|
Text (BAB 2)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini pendidikan berubah menjadi KURNAS yang ditekankan pada pendekatan scientific. Pemanfaatan model-model pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep yang bersifat konvensional menjadi lebih efektif dan efisien. Pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) merupakan salah satu model kooperatif yang mudah diterapkan dan melibatkan aktivitas seluruh siswa. Untuk menunjang keterlaksanaan pembelajaran, sarana dan prasarana juga perlu dalam proses pembelajaran seperti flashcard. Media pembelajaran ini dapat menunjang pembelajaran yang melibatkan cara mengingat, mengimplementasikan, dll dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, pengaruh, respon, dan hasil belajar dengan dan tanpa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan flashcard pada materi sub sistem eksresi. Metode penelitian yang digunakan merupakan quasi eksperimen yang dilakuakan di MTsN 2. Sampel yang diambil kelas VIII F dan G masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kontrol dengan jumlah siswa 36 orang dan 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai n-gain 0,72 kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai n-gain 0,50 kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis yang didapatkan thitung (5,29)>(1,995) ttabel Ho ditolak maka terdapat perbedaan antara metode belajar dari kedua kelas pada materi sub eksresi. Hal ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media flashcard berpengaruh positif terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT); Flash Card; Hasil Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Piyur Nurma Linda |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 04:18 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 04:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15283 |
Actions (login required)
View Item |