Mulyani, Harista (2018) Pengaruh model Project Based Learning melalui pembuatan kaos Education terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem organ pada manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum 2013 menerapkan penguatan dalam pembelajaran yang salah satunya mencakup siswa diharuskan berpikir logis, kritis, aktif dan kreatif. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu hal yang harus dikembangkan dalam kehidupan dinamis dan demokratis. Berdasarkan hal tersebut model project based learning melalui pembuatan kaos education merupakan solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa pada materi sistem organ manusia dengan menggunakan model project based learning melalui pembuatan kaos education serta pengaruhnya terhadap siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes, angket kuisioner serta lembar observasi. Penelitian menggunakan quasi eksperimen. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t-hipotesis serta uji N-gain. Pengumpulan data diperoleh dari 10 soal uraian untuk pretest dan postest melibatkan 62 siswa. Hasil penelitian pada kelas eksperimen memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,40 dengan kriteria sedang sedangkan dengan kelas yang tidak menggunakan model penelitian memiliki nilai N-gain sebesar 0,33 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis data postest diperoleh nilai Thitung sebesar 1,98 lebih kecil < dari Ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem organ manusia menggunakan model project based learning melalui pembuatan kaos education.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Kaos Education; Sistem Organ pada Manusia |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Harista Harista Mulyani |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 07:15 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 07:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15353 |
Actions (login required)
View Item |