Wasilah, Silvi Nurul (2018) Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui metode Mimicry Memorization (Mim-Mem) pada mata pelajaran bahasa arab pokok bahasan mufrodat:Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas IV di MI Nurul Yakin Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (536kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari fenomena yang di temukan di kelas IV MI Nurul Yakin peneliti menemukan bahwasannya siswa memiliki minat belajar bahasa Arab yang kurang karena bahasa Arab merupakan pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami karena berbahasa Asing. Selain itu, siswa kelas IV juga memiliki kesulitan dalam menghafalkan Mufrodat yang mengakibatkan hasil belajar kognitifnya yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan metode Mimicry-Memorization, proses penerapan metode Mimicry-Memorization, dan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan metode Mimicry-Memorization. Diharapkan setelah melakasanakan penelitian ini siswa lebih termotivasi untuk menghafal Mufrodat dan ada peningkatan pada hasil belajar kognitif siswa. Penerapan metode Mimicry-Memorization diaharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Metode ini merupakan metode yang menirukan ucapan guru dan dilakukan secara berulang, sehingga dapat mempermudah siswa untuk menghafal Mufrodat, sehingga semakin banyak mufrodat yang dikuasai siswa maka akan meningkat pula hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrument yang digunakan menggunakan tes objektif (multiple choice) dan lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada Siklus I tindakan 1 persentase aktivitas guru sebesar 70%, siklus I tindakan 2 persentase aktivitas guru sebesar 89%. Sedangkan pada siklus II tindakan 1 persentase aktivitas guru sebesar 100%, siklus II tindakan 2 dengan persentase 100%. Adapun untuk aktivitas siswa mengalami peningkatan juga di setiap siklusnya, siklus I tindakan 1 persentase aktivitas siswa sebesar 70%, siklsus I tindakan 2 persentase aktivitas siswa sebesar 89% dan siklus II tindakan 1 persentase sebesar 100%, siklus II tindakan 2 persentase sebesar 100%. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Mimicry-Memorization memiliki nilai rata-rata 53,91, pada siklus I meningkat menjadi 66,52 dan siklus II meningkat menjadi 82,17. Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan sebelum menggunakan metode ketuntasannya 39,13%, siklus I ketuntasannya 69,56% dan siklus II ketuntasannya mencapai 100%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Arab; hasil belajar kognitif; madrasah ibtidaiyah; mimicry-Memorization |
Subjects: | Bahasa Arab Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Silvi Nurul Wasilah |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 01:05 |
Last Modified: | 19 Dec 2018 01:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17499 |
Actions (login required)
View Item |