Rahayu, Sri (2018) Pengaruh pembiayaan murabahah dan biaya pemasaran terhadap laba bersih di PT. Bank Panin Syariah, Tbk. Periode 2015-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (471kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja operasional suatu Perbankan dapat dilihat dari laba yang dihasilkan, jika laba yang didapatkan stabil bahkan cenderung meningkat hal ini menandakan perbankan tersebut sehat dan memiliki kinerja yang baik. Banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya suatu laba, seperti pendapatan yang diperoleh dari bagi hasil dalam pembiayaan dan beban yang dikeluarkan selama periode tertentu. Untuk meneliti seberapa besar pengaruh yang diberikan dari Pembiayaan Murabahah dan Biaya Pemasaran terhadap Laba Bersih, maka peneliti akan merasa perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembiayaan Murabahah dan Biaya Pemasaran terhadap Laba Bersih, baik secara parsial maupun simultan pada PT. Bank Panin Syariah. Tbk. Kerangka Pemikiran, berangkat dari teori yang menyatakan bahwa jika Pembiayaan Murabahah naik dan Biaya Pemasaran naik maka Laba Bersih ikut meningkat. Berdasarkan kajian teori tersebut dan diperkuat dengan kajian terdahulu diduga bahwa Pembiayaan Murabahah dan Biaya Pemasaran berpengaruh terhadap Laba Bersih. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah PT. Bank Panin Syariah, Tbk. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi regresi linier sederhana dan berganda, uji korelasi, koefisien determinasi, serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, pengaruh Pembiayaan Murabahah (X1) terhadap Laba Bersih (Y), uji regresi sederhana menunjukkan hasil negatif yaitu Y=117.794 +(-0,195879182) X, Uji korelasi dengan nilai -0,259375154, koefisien determinasi dengan persentase 6,72%, dan nilai thitung = -0,879 < ttabel = 2,2281 maka, Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan pengaruh Biaya Pemasaran (X2) terhadap Laba Bersih (Y), uji regresi sederhana menunjukkan hasil positif yaitu Y=172.218+(-73,10882797) X, Uji korelasi dengan nilai -0,695, koefisien determinasi dengan persentase 48,36%, dan nilai thitung = -3,058 < ttabel = 2,2281 maka, Ho diterima dan Ha ditolak. Secara simultan, Pembiayaan Murabahah (X1) dan Biaya Pemasaran (X2) berpengaruh terhadap Laba Bersih (Y), uji regresi berganda menunjukkan hasil positif yaitu Y= 38.821+0,206255716 X1-90,80847834 X2, Uji korelasi dengan nilai 0,728, koefisien determinasi dengan persentase 53%, dan nilai F hitung > F tabel = 5,071783674 > 4,26 maka, Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiayaan Murabahah; Biaya Pemasaran; Laba Bersih; |
Subjects: | Econmics > Data Processing and Analysis of Economic Accounting > Cost Accounting Accounting > Accounting for Specific Activities |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah |
Depositing User: | sri warmo rahayu |
Date Deposited: | 14 May 2019 07:27 |
Last Modified: | 14 May 2019 07:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20258 |
Actions (login required)
View Item |