Wahyudin, Yuyu (2019) Penerapan metode tasmi dalam pembelajaran Tahsin Tahfidz untuk meningkatkan hafalan Al-Quran: Penelitian quasi eksperimen pada mahasiswa di Rumah Tahfidz Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di Rumah Tahfidz Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari 213 mahasiswa Rumah Tahfidz Quran hafalannya tidak lancar hanya 20 orang saja yang hafalanya lancar. Peneliti mencoba akan menerapkan metode Tasmi’ dalam pembelajaran tahsin tahfidz yang diasumsikan dapat berpengaruh terhadap kelancaran hafalan Al-Quran, dengan rumusan masalah yaitu, bagaimana proses penerapan metode Tasmi’ dalam pembelajaran tahsin tahfidz? Bagaimana hasil hafalan Al-Quran setelah menggunakan metode Tasmi’? Bagaimana pengaruh penerapan metode Tasmi’ terhadap hafalan Al-Quran?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses penerapan metode Tasmi’ dalam pembelajaran tahsin tahfidz. 2) Hasil hafalan Al-Quran setelah menggunakan metode Tasmi’. 3) Pengaruh penerapan metode Tasmi’ terhadap hafalan Al-Quran. Secara teoritis, metode pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode Tasmi’ diasumsikan dapat meningkatkan hafalan Al-Quran karena kelebihan menggunakan metode Tasmi’ ini tidak akan mudah merasa lelah dan jenuh untuk menambah dan mengulang hafalan Al-Quran. Selain itu, kelebihan metode Tasmi’ dapat menjadikan hafalan Al-Quran tetap terjaga, juga hafalan Al-Quran bertambah lancar dan mengetahui ayat-ayat Al-Quran yang keliru ketika dibaca. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis statistik dan analisis logika. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) Proses penerapan metode Tasmi’ dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan tingkat keterlaksanaan 74,99 % termasuk dalam kategori baik. 2) Hasil hafalan Al-Quran setelah menggunakan metode Tasmi’ memiliki nilai rata-rata sebesar 86,94 termasuk dalam kategori sedang. 3) Pengaruh penerapan metode Tasmi’ terhadap hafalan Al-Quran memiliki skor N-Gain 0,55 termasuk dalam kategori sedang. Hasil penghitungan data hasil belajar diperoleh nilai thitung 2,24 dan nilai ttabel 2,01. Karena nilai thitung (2,24) > nilai ttabel (2,01), maka Ho ditolak. Artinya hasil belajar antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol terdapat perbedaan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Tasmi’ memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hafalan Al-Quran mahasiswa Rumah Tahfidz Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode tasmi; hafalan al-quran |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yuyu Wahyudin |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 07:37 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23316 |
Actions (login required)
View Item |