Penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan pekerjaan di masyarakat : PTK di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung

Nurpaizi, Ahmad (2017) Penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan pekerjaan di masyarakat : PTK di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh temuan yang terdapat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dikelas III MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung terlihat masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa sekitar 75% dari hasil keseluruhan siswa kelas III belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini disebabkan karena ditemukan kendala oleh guru saat proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa merasa jenuh dan membosankan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum penggunaan model Picture and Picture pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan Pekerjaan di Masyarakat di kelas III MI At-Taqwa; (2) Mengetahui penggunaan model Picture and Picture pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan Pekerjaan di Masyarakat di kelas III MI At-Taqwa; (3) Mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan model Picture and Picture pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan Pekerjaan di Masyarakat di kelas III MI At-Taqwa pada setiap siklus. Kerangka berpikir dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar yang pada awalnya nilai siswa rendah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah penggunaan model Picture and Picture hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap tindakan dalam siklusnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan melakukan pra siklus, siklus I dan siklus II pada setiap siklus dilakukan empat tahapan yakni penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi hasil belajar siswa pada setiap tindakan dalam siklusnya sementara yang dijadikan subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus proses pembelajaran tanpa menggunakan model Picture and Picture rata-rata nilai hasil belajar siswa 63 dengan ketuntasan belajar klasikal 30%. Pada siklus I dan II proses pembelajarannya menggunakan model Picture and Picture rata-rata nilai hasil belajar siswa pada tindakan I 66,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 40% dan pada tindakan II 76,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 55%. Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa pada tindakan I 85 dengan ketuntasan belajar klasikal 70% dan pada tindakan II 94,9 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%. Berdasarkan hsail yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model picture; hasil belajar; ilmu pengetahuan sosial;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 09 Sep 2019 01:55
Last Modified: 09 Sep 2019 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23529

Actions (login required)

View Item View Item