Indah, Nurul (2019) Penurunan miskonsepsi siswa menggunakan peta konsep pada materi sistem pertahanan tubuh: Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas XI MA Ar-Rosyidiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
Abstract
Miskonsepsi siswa pada materi sistem pertahanan tubuh melalui penggunaan peta konsep diharapkan dapat menurunkan miskonsepsi siswa. Sebab pembelajaran dengan menggunakan peta konsep efektif dalam mengurangi miskonsepsi dan dapat membantu pembelajaran yang lebih bermakna. Tujuan penelitian ini untuk menurunkan miskonsepsi siswa pada materi sistem pertahanan tubuh dengan menggunakan strategi pmbelajaran peta konsep. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA MA Ar-arosyidiyah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data melalui tes dan non-tes. Instrumen non-tes yaitu berupa lembar observasi guru dan siswa serta angket, sedangkan instrumen tes yaitu berupa soal pilihan ganda. Hasil penilitian dari data Pretest-Posttest menunjukkan terjadinya penurunan miskonsepsi sebesar 17,78% dari 31,67% menjadi 13,89%. Hasil Uji T-Paired menunjukkan bahwa t hitung 11,93 > t tabel 2,06 pada taraf signifikan 5%, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep dapat membantu menurunkan miskonsepsi siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi; peta konsep; sistem pertahanan tubuh; |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Curricula Natural Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurul Indah Baesuni |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 07:05 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 07:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23990 |
Actions (login required)
View Item |