Bimbingan agama dalam upaya pengembangan sikap positif remaja: Penelitian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung

Wahab, Ikram Bin (2019) Bimbingan agama dalam upaya pengembangan sikap positif remaja: Penelitian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Sikap positif perlu dimiliki oleh setiap individu lebih-lebih anak didik pemasyarakatan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bnadung (LPKA) sebagai satu persiapan untuk mereka kembali ke tengah-tengah masyarakat. Fakta sosial menunjukkan bahwa anak didik pemasyarakatan mempunyai sikap yang negatif sehinggamereka terjerumus dengan perbuatan kriminal. Oleh itu, pihak Lembaga LPKA Kelas II Bandung menyediakan satu program khusus untuk meningkatkan kesadaran dan mengembangkan sikap positif para anak didiknya yaitu program bimbingan agama. Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan anak didik pemasyarakatan berhasil mengembangkan sikap positif sebagai persediaan kehidupan mereka setelah bebas dari LPKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan mendalam mengenai kondisi sikap positif anak didik LPKA Kelas II Bandung sebelum menerima bimbingan agama, proses bimbingan agama terhadap anak didik pemasyarakatan dan bagaimana hasil program bimbigan agama terhadap sikap positif anak didik LPKA Kelas II Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu mengambarkan dan mengdeskripsikan bimbingan agama dalam upaya pengembangan sikap positif anak remaja anak didik pemasyarakatan di LPKA Kelas II Bandung. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bimbingan agama dalam upaya pemngembangan sikap positif anak didik pemasyarakatan cukup efisien dengan tercapainya aspek sikap positif yaitu, kejujuran, bertanggung jawap, disiplin, percaya diri, empati dan emosi terkawal. Adapun program bimbingan agama di LPKA Kelas II Bandung dinamakan dengan Pasentren Miftakhul Jannah dan dalam penyampaiannya menggunakan metode komunikasi lansung dengan teknik ceramah. adapun materinya adalah Aqidah, Alquran, Sirah Nabi, Fiqih dan Motivasi. Keberhasilan program bimbingan agama dinilai dari meningkatnya dan berkembangnya beberapa indikator sikap positif yaitu jujur, bertanggung jawap, displin, empati, emosi terkawal dan percaya diri. Maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan agama dalam upaya pengembangan sikap positif remaja anak didik pemasyarakatan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung sangatlah berhasil dan sangat efisien sebagai satu wadah untuk membantu anak didik pemasyarakatan untuk berubah kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Sikap Positif; Remaja LPKA Kelas II Bandung;
Subjects: Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ikram bin wahab
Date Deposited: 26 Sep 2019 09:57
Last Modified: 26 Sep 2019 09:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24425

Actions (login required)

View Item View Item